YouTube Down di Seluruh Dunia, Ini Penjelasannya

YouTube Down di Seluruh Dunia, Ini Penjelasannya

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Kamis, 12 Nov 2020 12:50 WIB
Ilustrasi YouTube, Logo YouTube
YouTube down di seluruh dunia, ini penjelasannya. (Sean Gallup/Getty Images)
Jakarta -

Layanan YouTube down di seluruh dunia dan dikeluhkan penggunanya. Rupanya mereka mengalami masalah teknis terkait pemutaran video.

Setelah sekitar satu jam, YouTube kembali bisa digunakan. Tapi sontak para pengguna di seluruh dunia mengeluhkannya seperti terpantau pada Kamis (12/11/2020).

Seperti dilansir Variety, rupanya YouTube down akibat masalah yang mereka sebut sebagai technical outage di seluruh dunia. Akibatnya, pengguna menemui masalah tidak bisa memutar video di YouTube.


Dalam akun Twitter-nya, pihak YouTube menyebutkan terjadi masalah untuk menonton video. Masalah ini berdampak di semua perangkat dan berdampak pada semua layanan YouTube.

Masalah ini yang kemudian diperbaiki. Mereka meminta maaf karena YouTube down dan berterima kasih untuk para pengguna yang sudah bersabar menunggu perbaikan.

Namun YouTube tidak menjelaskan lebih rinci technical outage apa yang terjadi sehingga mengganggu layanan mereka. YouTube down ini menjadi keluhan pengguna di seluruh dunia sampai muncul aneka meme-nya.

Sebelumnya, layanan YouTube down sekitar pukul 07.00 WIB. YouTube lalu memasang pengumuman di Twitter pukul 07.23 WIB bahwa sedang terjadi masalah dan akan segera diperbaiki.

Hampir dua jam kemudian YouTube kembali mengumumkan masalahnya berhasil diperbaiki. DownDetector melaporkan YouTube down terjadi di Amerika Utara dan Selatan, Australia, Inggris, dan Eropa Barat serta beberapa wilayah Asia termasuk di Indonesia.

Baca juga: YouTube Tumbang!

Pengguna mengalami masalah tidak bisa memutar video YouTube. Pengguna lain menemui tulisan pesan eror dan diminta coba lain. Ada juga pengguna yang tidak bisa membuka halaman YouTube baik desktop ataupun aplikasinya.

Masalah semacam ini jarang terjadi, tapi bukannya tidak pernah. Pada Oktober 2018, YouTube down secara global selama 90 menit, termasuk layanan YouTube TV dan YouTube Music.



Simak Video "Sempat Down, YouTube Minta Maaf"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)