Panasonic Bikin Vakum Khusus untuk Selamatkan TWS dari Rel Kereta

Panasonic Bikin Vakum Khusus untuk Selamatkan TWS dari Rel Kereta

Virgina Maulita Putri - detikInet
Minggu, 08 Nov 2020 14:42 WIB
Apple AirPods
Panasonic Bikin Vakum Khusus untuk Selamatkan TWS dari Rel Kereta Foto: Apple
Jakarta -

Kehilangan wireless earbuds yang mahal seperti Apple AirPods yang jatuh ke rel kereta pasti menyebalkan. Untungnya Panasonic kini memiliki gadget baru yang memudahkan petugas di stasiun kereta api mengambil earphone true wireless system (TWS) dengan aman.

Dikutip detikINET dari The Verge, Minggu (8/11/2020) Panasonic bekerjasama dengan operator kereta JR East untuk menciptakan gadget vakum khusus untuk mengambil TWS yang jatuh di rel kereta.

Sebelumnya, petugas di stasiun kereta api menggunakan alat khusus dengan penjepit di ujungnya (grabber) untuk mengambil benda berukuran besar yang jatuh di rel, seperti topi atau ponsel.

Tapi, kerikil di sekitar rel membuat benda yang berukuran kecil seperti AirPods lebih sulit untuk diambil menggunakan alat tersebut, yang artinya petugas harus menunggu sampai kereta terakhir selesai beroperasi untuk mencari benda yang hilang di rel.

Alat khusus yang dikembangkan Panasonic terlihat seperti pembersih debu tanpa kabel pada umumnya. Tapi di ujungnya terlihat ada lima tabung seukuran jari yang bisa mengambil TWS dari tempat yang sempit tanpa menyedotnya ke dalam vakum.

Vakum khusus Panasonic untuk ambil TWS dari rel keretaVakum khusus Panasonic untuk ambil TWS dari rel kereta Foto: JR East/JiJi Press

TWS yang jatuh di rel kereta rupanya merupakan masalah yang cukup sering terjadi di Jepang. JR East yang beroperasi di daerah Tokyo dan Tohoku mengatakan ada 950 insiden TWS yang jatuh ke rel di 78 stasiun kereta api pada bulan Juli hingga September. Jumlah ini mencakup seperempat dari total benda yang jatuh ke rel kereta api.

Panasonic saat ini sedang menguji coba perangkat vakum khusus tersebut di stasiun kereta api Ikebukuro yang berada di utara Tokyo. Meski masih awal, uji coba ini menunjukkan alat tersebut bekerja lebih cepat dibandingkan alat grabber biasa.



Simak Video "Anti-Distraction Pakai Earphone Terbaru vivo TWS Neo"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)