Seluk Beluk HP Presiden AS, BlackBerry Sampai Samsung Galaxy - Halaman 3

Seluk Beluk HP Presiden AS, BlackBerry Sampai Samsung Galaxy

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 06 Nov 2020 07:38 WIB
Donald Trump Galaxy S3
Donald Trump pakai Galaxy S3. Foto: Android Central

HP Donald Trump yang Mengejutkan

Donald Trump akhirnya terpilih pada tahun 2016 menggantikan Obama dan kabarnya langsung diminta berhenti memakai ponselnya. Ponsel berjenis Android itu tidak boleh dipakai lagi dengan alasan keamanan. Di ponsel itulah, Trump hobi menulis cuitan di Twitter.

Sebagai ganti, Trump akan mendapatkan smartphone baru dengan tingkat keamanan sangat tinggi, yang sudah disetujui Secret Service, sepertinya sama jenisnya dengan yang dipakai Obama di saat-saat terakhirnya menjabat presiden.

Menurut laporan The New York Times, Trump telah menukarkan ponsel Android miliknya dengan ponsel yang telah dienkripsi secara aman oleh Secret Service. Nomor ponsel terbarunya pun hanya diketahui oleh segelintir orang.

Trump tentunya akan mendapatkan perlakuan yang sama dengan Obama mengenai handset yang dipakainya. Akan tetapi terindikasi dia tetap bebas berkicau apa saja di Twitter, hingga sering ditandai sebagai hoax atau menimbulkan kontroversi.

Malah sempat ada kabar mengejutkan pada tahun 2017 di mana Trump masih kedapatan menggunakan ponsel Samsung Galaxy yang ia pakai sejak 2016. Ia bersikukuh menggunakan ponsel itu, meskipun para ajudannya sudah memperingatkan bahwa ponsel itu belum memenuhi standar keamanan yang sudah ditetapkan. Artinya bisa jadi ia tetap diizinkan memakai ponsel lamanya.

Donald Trump Galaxy S3Donald Trump memakai Galaxy S3. Foto: Android Central

Lebih parahnya lagi, Trump sepertinya masih menggunakan Galaxy S3 yang sudah digunakan sejak 2013. Kenapa parah? Ponsel jagoan Samsung pada masanya itu sudah tak lagi menerima pembaruan keamanan sejak pertengahan 2015, dan masih menggunakan OS Android 4.3 Jelly Bean.

Jika hal ini benar, berarti Presiden AS kali ini menggunakan ponsel yang sangat-sangat tidak aman untuk kesehariannya. Dan entah kenapa dia masih diizinkan untuk menggunakannya.

Pilihan Trump menggunakan ponsel Android itu juga bisa dilihat dari kicauannya di Twitter. Pada akun resminya, kicauan yang agak nyeleneh biasanya dikirimkan memakai 'Twitter for Android', yang biasanya adalah pertanda bahwa kicauan itu dikirimkan sendiri oleh Trump.

Peristiwa itu sudah beberapa tahun lalu sehingga sepertinya saat ini, ponsel Trump sudah berbeda. Menarik untuk mengamati HP apa yang nanti akan dipakaai oleh presiden AS yang baru.

(fyk/afr)