Seluk Beluk HP Presiden AS, BlackBerry Sampai Samsung Galaxy

Seluk Beluk HP Presiden AS, BlackBerry Sampai Samsung Galaxy

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jumat, 06 Nov 2020 07:38 WIB
Donald Trump Galaxy S3
Donald Trump pakai Galaxy S3. Foto: Android Central
Jakarta -

Presiden Amerika Serikat yang baru akan segera diketahui, apakah Donald Trump melanjutkan jabatannya atau digantikan lawannya, Joe Biden di Pilpres AS 2020. Tentunya untuk mendukung aktivitas telekomunikasinya, presiden AS memakai HP yang telah didesain secara khusus.

Menilik masa silam, presiden AS boleh memakai HP pilihannya sendiri meskipun ada cukup banyak pembatasan dan tetek bengek lainnya. Berikut rangkumannya.

Obama Identik dengan BlackBerry

Saat terpilih sebagai presiden AS pada tahun 2008, Barack Obama terkenal memakai HP BlackBerry. Kala itu, BlackBerry masih smartphone yang sangat populer.

Bahkan Obama jadi berita lantaran saat masih berstatus capres, ia mengirimkan SMS dari ponsel pribadinya ke 2,9 juta warga AS berisi pengumuman calon wakil presiden yang sudah ditetapkan Obama, yaitu Joe Biden.

"Pesan itu dikirimkan saat Jumat lalu dan yang kami ketahui, ini adalah pengiriman pesan terbanyak yang dikirimkan melalui satu perangkat, dan merupakan mobile marketing terbesar di Amerika Serikat hingga saat ini," tulis perusahaan riset Nielsen dalam rilisnya.

Obama masih setia memakai BlackBerry saat sudah berada di Gedung Putih, jenisnya adalah adalah BlackBerry 8830. Namun demikian, sang presiden AS tidak sama leluasa memakai HP itu seperti saat masih berstatus rakyat biasa.

US President Barack Obama reads from his Blackberry cellphone alongside his daughters Sasha (L) and Malia (R) during a shopping trip to One More Page Books on Small Business Saturday, which promotes shopping at local small businesses, in the Falls Church neighborhood of Arlington, Virginia, on November 24, 2012.    AFP PHOTO / Saul LOEB        (Photo credit should read SAUL LOEB/AFP/Getty Images)Obama memakai BlackBerry. Foto: GettyImages

BlackBerry yang dipakai Obama dibekali keamanan tingkat tinggi, antara lain dibekali dengan solusi keamanan berbasis penyandian canggih bernama SecurVoice dari perusahaan Genesis Key.

Waktu berlalu, pada tahun 2016 Obama mengaku sudah berganti ponsel walau ia tampaknya tidak terlalu senang dengan ponsel barunya. "Ketika saya mendapatkan sebuah benda, semuanya sama. 'Pak Presiden, untuk alasan keamanan, ponsel ini tidak dapat mengambil gambar, tidak bisa mengirim pesan, Anda juga tidak bisa memainkan musik'," ujar sang presiden AS menirukan ucapan stafnya.