YouTube Hapus Video Hasil Hitung Suara Palsu Pilpres AS

YouTube Hapus Video Hasil Hitung Suara Palsu Pilpres AS

Adi Fida Rahman - detikInet
Rabu, 04 Nov 2020 15:16 WIB
Ilustrasi YouTube, Logo YouTube
Foto: Sean Gallup/Getty Images
Jakarta -

YouTube mengaku telah menghapus sejumlah video siaran langsung beberapa jam sebelum pemungutan suara ditutup di seluruh negara bagian AS. Penyebabnya tayangan tersebut menampilkan hasil palsu Pilpres AS 2020.

Terpantau ada ribuan orang yang menyaksikan siaran tersebut sebelum akhirnya dihentikan oleh YouTube. Rupanya video tersebut memuat iklan yang artinya sang pembuat memang sengaja ingin menghasilkan uang dari konten yang ditayangkannya.

"Setelah meninjau dengan cermat, kami menghapus streaming langsung yang melanggar Pedoman Komunitas kami," kata juru bicara YouTube dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir dari Cnet, Rabu (4/11/2020).

"Kami telah menetapkan kebijakan yang melarang spam, praktik penipuan dam penipuan, dan kami terus waspada terkait konten yang terkait dengan pemilu menjelang dan periode pasca pemilu," kata mereka.

Untuk menangkal hoax, saat ini YouTube memprioritaskan siaran langsung dari kantor berita resmi terkait Pilpres AS 2020. Sementara yang menayangkan hasil pemilu palsu berasal dari channel yang didedikasikan untuk musik.

Salah satu yang terciduk oleh netizen adalah Wicked Sounds, channel ini tercatat punya 1,48 juta subscriber. Setidaknya tiga video mereka di-take down oleh YouTube.

Seperti diketahui sejumlah raksasa penyedia layanan internet berusaha menekan peredaran hoax di platform mereka selama pemilihan presiden AS. Google, Facebook dan Twitter berupaya menghindari kesalahan yang mereka buat pada tahun 2016, kala itu pemilu dirusak oleh campur tangan agen Rusia yang mengeksploitasi platform media sosial

YouTube sendiri menampilkan panel informasi bertuliskan 'Hasil mungkin belum final' dan 'Lihat yang terbaru di Google' di bawah setiap video tentang pemilu AS. Informasi yang sama turut ditampilkan pada halaman hasil pencarian tertentu untuk pertanyaan terkait Pilpres AS 2020.



Simak Video "Sah! Joe Biden Pemenang Pilpres AS 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/fay)