Foto Anjing yang Viral Saat Gempa Turki, Ternyata Hoax

Foto Anjing yang Viral Saat Gempa Turki, Ternyata Hoax

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Minggu, 01 Nov 2020 12:03 WIB
Jakarta -

Di tengah duka akibat gempa Turki, di Twitter viral foto anjing yang menemukan majikannya tertimpa bangunan. Ternyata foto ini hoax. Simak penelusuran detikINET.

Seiring trending topic #PrayForTurkey, di media sosial bertebaran foto-foto kejadian gempa yang menimpa Izmir di Turki dan Pulau Samos di Yunani. Salah satu foto viral yang banyak di-share adalah 'anjing yang menemukan majikannya tertimpa bangunan.'

Fotonya memang dramatis. Seekor anjing di atas bangunan yang runtuh menemukan tangan yang terkulai, si anjing pun tampaknya melolong sedih. Foto itu pun diberikan berbagai narasi duka cita dan kesedihan.


Foto ini banyak di-share netizen terutama oleh warga Turki. Namun apakah benar fotonya?

Ketika detikINET mencari foto ini di Google Image, Minggu (1/11/2020) keterangan yang muncul malah 'Pray Albanian Dog'. Rupanya foto 'anjing menemukan majikannya di Turki' adalah hoax. Fotonya merupakan misinformasi bukan dari gempa Turki.

Aslinya itu adalah foto dari kejadian yang berbeda. Anjing itu dari peristiwa bencana Gempa Albania pada 26 November 2019. Itu pun bukan anjing peliharaan, melainkan anjing Tim SAR.

Seperti pernah diberitakan Romania Insider, anjing ini dari Utility Dogs Club (CCU) dari Bucharest, Romania yang diterjunkan untuk membantu evakuasi gempa di Albania. Ada dua anjing yang diterjunkan, namanya Challapa dan Billy.

Tugas mereka adalah mencari korban yang tertimpa bangunan, sebelum nanti tim SAR mengangkat reruntuhan. Nah, Challapa dan Billy ini banyak terfoto saat sedang beraksi.

Foto inilah yang viral dan lalu disebar lagi oleh netizen dalam kejadian gempa Turki. Tentunya kita semua berduka dengan bencana alam yang terjadi di Turki. Sejauh ini sudah 37 orang tewas dan 900 yang terluka akibat gempa M 7 pada Jumat (30/10) kemarin.

(fay/fyk)