Gempa di Turki, Dunia Berduka Lewat #PrayFor Turkey

Gempa di Turki, Dunia Berduka Lewat #PrayFor Turkey

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Sabtu, 31 Okt 2020 09:45 WIB
Gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 7,0 melanda Laut Aegea. Gempa tersebut dirasakan di bagian Turki barat dan menghancurkan bangunan di kota pesisir sana.
Gempa di Turki, Dunia Berduka Lewat #PrayFor Turkey (Foto: AP/Ismail Gokmen)
Jakarta -

Gempa di Turki dengan kekuatan magnitudo (M) 7 mengagetkan dunia. #PrayForTurkey pun menggema.

Kabar terbaru soal gempa hari ini di Turki adalah korban jiwa yang terus bertambah. Menurut AFP, sudah 22 orang meninggal dan 800 orang lebih luka-luka akibat gempa terkini yang mengguncang Izmir, Turki dan Pulau Samos, Yunani.

Gempa juga menimbulkan tsunami di Turki, untungnya kecil di selatan Izmir. Kerusakan paling banyak ditemukan di sekitar kota Aegean, Izmir, Turki. Kota tersebut dilaporkan memiliki tiga juta penduduk dan dipenuhi dengan blok apartemen bertingkat tinggi.

Perdana Menteri Yunani Kyriakos Mitsotakis menyampaikan belasungkawa kepada Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan setelah gempa melanda. Yunani dan Turki diketahui sedang berkonflik dalam beberapa bulan terakhir karena ketegangan di Mediterania Timur. Namun kali ini kedua negara mengalami kerusakan akibat gempa.

Bahkan, dunia pun ikut berduka karena kejadian gempa Turki ini. Dipantau detikINET dari Twitter, Sabtu (31/10/2020) tagar #PrayForTurkey jadi trending topic.

Banyak kabar duka dan foto memilukan dibagikan netizen, terutama mereka yang tinggal di Turki. Banyak foto bangunan hancur, selain juga aktivitas evakuasi. Gempa ini terjadi pada Jumat (30/10) pukul 18.51 waktu setempat.

Inilah sebagian belasungkawa netizen untuk gempa Turki di Twitter:



Simak Video "Detik-detik Turki Diguncang Gempa M 7 "
[Gambas:Video 20detik]
(fay/ask)