Paus Fransiskus Dukung Penyatuan Sipil Sejenis Bikin Riuh Twitter

Paus Fransiskus Dukung Penyatuan Sipil Sejenis Bikin Riuh Twitter

Tim - detikInet
Kamis, 22 Okt 2020 12:17 WIB
Paus Fransiskus: Kapitalisme Gagal Melindungi Kemanusiaan Selama Pandemi Corona
Paus mendukung penyatuan sipil sejenis, jadi kontroversi (Foto: DW News)
Jakarta -

Pemimpin Gereja Katolik Roma, Paus Fransiskus mendukung aturan penyatuan sipil untuk pernikahan sejenis. Warganet di seluruh dunia pun riuh dalam perdebatan.

Pernyataan Paus Fransiskus ini menjadi pemberitaan di seluruh dunia. Ucapan ini muncul dalam film dokumenter baru 'Francesco' yang premier di Roma Film Festival. Paus di dalam film itu menyampaikan sikapnya soal pernikahan sesama jenis.

"Yang harus kita buat adalah aturan hukum penyatuan sipil. Sehingga mereka secara hukum terlindungi," kata Paus Fransiskus seperti diberitakan CNN Indonesia, Kamis (22/10/2020).

Paus mengungkapkan pandangan kalau kelompok homoseksual jangan dijauhi. Mereka adalah anak-anak Tuhan dan memiliki hak atas sebuah keluarga. Tidak ada yang harus dibuang atau dibuat sengsara karenanya," kata Paus Fransiskus.

Meski begitu, The New York Times menegaskan Paus membedakan antara pernikahan gereja dan catatan sipil. Paus Fransiskus disebutkan tetap menentang pernikahan sejenis oleh gereja. Hal yang sama pun disebutkan dalam pemberitaan di AFP.

Pernyataan Paus sontak jadi omongan di Twitter. LGBT jadi trending topic Twitter termasuk di Indonesia dengan 98.200 tweet. Netizen bersikap pro dan kontra dan menganalisa maksud ucapan Paus Fransiskus.

Ucapan Paus dianggap penuh kontroversi dan tentu saja sensitif untuk banyak pihak. Banyak yang mempertanyakan apakah ini hanya untuk pernikahan catatan sipil, atau pernikahan gereja. Banyak juga yang protes tapi ada juga yang mencoba mencermati utuh konteks ucapan tersebut.

Inilah sebagian komentar dari para netizen di Twitter soal ucapan Paus Fransiskus terkait penyatuan sipil sesama jenis:





Simak Video "Respons China Soal Paus Fransiskus Sebut Uighur Dipersekusi"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)