Pengguna Hamburkan Rp 411 Triliun untuk Aplikasi Ponsel

Pengguna Hamburkan Rp 411 Triliun untuk Aplikasi Ponsel

Josina - detikInet
Senin, 12 Okt 2020 08:15 WIB
aplikasi tiktok
Foto: Unsplash/Kon Karampelas
Jakarta -

Selama bulan Juli, Agustus dan September 2020, orang-orang di seluruh dunia menghabiskan lebih dari 180 miliar jam kumulatif menggunakan aplikasi mobile. Angka tersebut naik 215% dari tahun ke tahun.

Menurut data dari App Annie, dalam rentang waktu tersebut, aplikasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna adalah Facebook. Empat teratas aplikasi yang paling banyak digunakan meliputi aplikasi utama Facebook seperti WhatsApp, Messenger dan Instagram.

Lalu diikuti oleh aplikasi-aplikasi populer lainnya seperti Amazon, Twitter, Netflix, Spotify dan kemudian TikTok.

Dilansir detikINET dari GSM Arena, App Annie juga mengungkapkan pengeluaran dalam aplikasi yang naik 20% dari tahun ke tahun dengan nilai mencapai USD 28 miliar atau sekitar Rp 411 triliun. Sebagian besar berasal dari platform Apple sebanyak USD 18 miliar, naik dari 20% dari tahun sebelumnya dan pengeluaran untuk platform Google mencapai USD 10 miliar, naik 35%.

Pengguna mengunduh total 33 miliar aplikasi baru di Q3 2020, 25 miliar di antaranya melalui Google Play Store sehingga naik 10% dan 9 miliar melalui App Store, melonjak 20%,

Menariknya, unduhan kategori aplikasi dari Play Store cukup seimbang di mana 45% adalah game dan 55% aplikasi lain, sementara hanya 30% unduhan perangkat lunak iOS adalah game.

Meski demikian kategori game sejauh ini paling menguntungkan di kedua platform dengan game menyumbang 65% dari uang yang dihabiskan di toko Apple dan 80% di Play Store.



Simak Video "Tangkal Hoax, Kominfo Siapkan Permen Pemblokiran Medsos"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)