Peringati Hari Kesehatan Mental Sedunia ala Menjadi Manusia

Peringati Hari Kesehatan Mental Sedunia ala Menjadi Manusia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sabtu, 10 Okt 2020 17:14 WIB
Kanal YouTube Menjadi Manusia
Foto: YouTube
Jakarta -

Kanal YouTube Menjadi Manusia mempunyai cara tersendiri dalam membuka ruang untuk berbagi dan bercerita, khususnya seputar kesehatan mental yang mana Hari Kesehatan Mental Sedunia diperingati setiap tanggal 10 Oktober.

Menjadi Manusia membuat channel YouTube tak hanya menyuguhkan konten seputar kesehatan mental, tapi juga ingin menjadi wadah untuk "olahraga kesehatan mental", mengolah rasa melalui cerita dan bercerita.

Terbentuknya Menjadi Manusia diawali dari perjalanan hidup salah satu pendiri kanal Menjadi Manusia, Rhaka Ghanisatria, yang didiagnosa memiliki Gangguan Pemusatan Perhatian/Hiperaktivitas (ADHD). Pengalaman Rhaka memahami dan menangani ADHD membuat ia sadar bahwa berbagi cerita dan terhubung dengan satu komunitas orang-orang yang berpikiran dan mengalami hal yang sama, serta dapat membawa manfaat.

Bersama dengan Adam Abednego dan Levina Purnamadewi, mereka tercerahkan untuk berbagi cerita dan membantu khalayak luas, bahkan orang-orang yang dipandang sebelah mata oleh masyarakat umum, untuk mulai bercerita, berbagi pengalaman seputar perjuangan mereka menangani atau menjaga kesehatan mental.

"Sejak awal, tujuan kami cuma dua. Yang pertama ingin ketika seseorang punya masalah mereka tidak merasa sendirian. Yang kedua ingin orang Indonesia lebih open minded untuk tidak menghakimi pendapat orang lain," tutur Rhaka dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (10/10/2020).

"Maka dari itu, kami terus mencari cara untuk memberikan skill tambahan untuk orang mengembangkan kesehatan mental mereka, khususnya hal-hal yang tidak pernah diajarkan oleh sekolah, seperti bagaimana bangkit dari kegagalan, bagaimana caranya berdamai dengan patah hati, dan bagaimana caranya mencintai diri sendiri, dan sebagainya," jelas Rhaka.

Kanal YouTube Menjadi ManusiaSyuting pertama kali dengan seluruh tim Menjadi Manusia Foto: Dokumen Pribadi



Simak Video "Meghan Markle: Saya Jadi Orang Paling Teraniaya di Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
Debat Capres AS