Google Assistant Bisa Kontrol Lebih Banyak Aplikasi Android

Google Assistant Bisa Kontrol Lebih Banyak Aplikasi Android

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 09 Okt 2020 15:13 WIB
Google Assistant, Ilustrasi Google Assistant
Google Assistant Bisa Kontrol Lebih Banyak Aplikasi Android Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET
Jakarta -

Asisten suara Google Assistant kini semakin terintegrasi dengan aplikasi pihak ketiga di ponsel Android. Google baru saja menggulirkan kemampuan menggunakan perintah suara untuk melakukan tugas yang spesifik seperti mengirim pesan, memesan makanan atau melihat keranjang belanjaan.

Jika sebelumnya Assistant hanya bisa digunakan untuk membuka aplikasi, dengan update ini pengguna bisa langsung menjelajahi aplikasi di ponsel mereka langsung dari Assistant.

Contohnya, kalian bisa memanggil Assistant untuk membuka tab langganan di YouTube dengan mengatakan, "Hey Google, YouTube subscriptions". Atau misalnya membuka profil Instagram kalian dengan mengatakan "Hey Google, My Instagram profile'.

Saat ini fitur baru Assistant tersebut baru tersedia untuk 30 aplikasi Android, termasuk Facebook, Instagram, Amazon, TikTok, Spotify, Twitter, Discord, dan lain-lain. Sederet aplikasi Google seperti YouTube, Gmail dan Maps juga termasuk, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (9/10/2020).

Pengembang aplikasi akan bisa menambahkan integrasi ke aplikasi buatan mereka, agar bisa menghubungkan halaman dan fitur yang spesifik dengan perintah suara. Ini artinya dalam waktu dekat akan ada lebih banyak aplikasi yang menawarkan integrasi sedalam ini.

Untuk melihat aplikasi mana saja yang menawarkan jalan pintas spesifik ini katakan 'Hey Google, my shortcuts' ke Google Assistant di ponsel Android kalian. Perintah ini akan membuka menu baru yang menunjukkan aplikasi apa saja yang memiliki jalan pintas dan memungkinkan kalian mengaktifkan perintah yang spesifik.

Untuk menggunakan jalan pintas ke Google Assistant. Google memberikan daftar rekomendasi perintah untuk aplikasi yang sering digunakan, tapi kalian juga bisa melihat semua perintah yang bisa digunakan dengan tap 'View all' yang ada di bawah daftar.

Google Assistant bisa kontrol lebih banyak aplikasi AndroidGoogle Assistant bisa kontrol lebih banyak aplikasi Android Foto: Screenshot/detikINET

Google juga memungkinkan pengguna untuk mengedit jalan pintas dengan kalimat khusus. Misalnya, aplikasi Nike Adapt yang memungkinkan pengguna untuk mengencangkan sepatu mereka lewat perintah suara.

Perintah default-nya agak sedikit panjang yaitu 'Hey Google, tighten my shoes with Nike Adapt'. Kalian bisa mengganti perintahnya agar lebih singkat menjadi 'Hey Google, lace my shoes'.

Fitur baru Assistant ini agak mirip dengan fitur yang ada di Siri untuk iOS. Siri sebelumnya sudah bisa menjalankan banyak perintah termasuk membuka aplikasi, menjalankan tugas dan mengedit kalimat khusus.



Simak Video "Google Akui Orang Indonesia Doyan Ngobrol dengan Asistennya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)