6 Manfaat Implementasi 5G Super Keren dari Robot Sampai Drone

Dunia Diselimuti 5G

6 Manfaat Implementasi 5G Super Keren dari Robot Sampai Drone

Virgina Maulita Putri - detikInet
Sabtu, 10 Okt 2020 14:15 WIB
Ilustrasi 5G
6 Manfaat Implementasi 5G yang Super Keren (Foto: Huawei)
Jakarta -

Begitu mendengar 5G hal pertama yang terlintas adalah kecepatan internet yang makin ngebut. Tapi jaringan generasi kelima ini bukan hanya bisa digunakan untuk download film dalam hitungan detik, atau main game online tanpa lag saja.

Kecepatan jaringan 5G disebut bisa 10 hingga 20 kali lebih cepat dibandingkan 4G. Tapi beberapa ahli memperkirakan 5G bisa 100 kali lebih cepat dibanding kecepatan 4G saat ini.

Tidak hanya cepat, 5G juga bisa memberikan kapasitas jaringan yang lebih besar dengan menjamah spektrum baru, seperti mmWave. 5G juga bisa membawa latensi yang lebih rendah agar bisa mendapatkan respons yang lebih cepat.

Dengan kecepatan internet seperti ini, ada banyak hal-hal keren yang bisa dilakukan dengan kehadiran 5G. Berikut tujuh terobosan baru yang bisa dicapai menggunakan 5G, seperti dirangkum detikINET dari Cnet, Sabtu (10/10/2020).

1. Kendaraan Otonom

Saat ini perusahaan seperti Google dan Uber masih terus mengembangkan mobil otonom. Tapi ahli memperkirakan mobil otonom membutuhkan 5G agar bisa beroperasi secara optimal.

Dengan 5G, mobil otonom di generasi berikutnya akan bisa saling berinteraksi satu sama lain untuk meningkatkan keamanan dan mengatur lalu lintas.

Tidak hanya itu, mobil otonom juga bisa berkomunikasi dengan sensor yang dibangun di seluruh kota, mulai dari lampu jalan sampai stasiun pengisian bahan bakar. Semua ini bisa terwujud berkat jaringan yang responsif dan latensi yang sangat rendah.

2. Virtual Reality dan Augmented Reality

Saat ini perangkat virtual reality (VR) sudah semakin banyak, apalagi smartphone zaman sekarang bisa dipasangkan dengan headset VR. Dengan latensi yang rendah dan kecepatan yang konsisten, 5G bisa menghadirkan dunia augmented kapan saja dan di mana saja.

Selain itu, teknologi juga memungkinkan pengguna untuk berinteraksi secara real time di dunia virtual.

3. Operasi Medis Jarak Jauh

Bicara soal VR, 5G juga memungkinkan dokter untuk melakukan operasi jarak jauh berkat latensi yang rendah. Beberapa tahun yang lalu Ericsson bekerjasama dengan startup NeuroDigital Technologies dan dokter dari King's College London untuk mendemonstrasikan teknologi ini.

Menggunakan manekin sebagai pasien, mereka menunjukkan bagaimana dokter yang dibekali dengan headset VR dan sarung tangan khusus bisa mengontrol lengan robot yang berada di lokasi berbeda untuk menjalankan operasi.

Sarung tangan ini dilengkapi dengan haptic feedback yang akan bergetar jika dokter menyentuh organ boneka, memberikan sensasi seolah-olah mereka langsung menyentuh organ tersebut.

4. Internet of Things

Industri internet of things (IoT) akan tumbuh semakin pesat dengan adanya 5G. Jaringan ini bisa menghubungkan lebih banyak perangkat jika dibandingkan dengan 4G.

Jadi 5G bisa menghubungkan perangkat kecil dan beragam sensor dengan internet. Ini artinya semua perangkat pintar di rumah tidak perlu lagi mengandalkan Wi-Fi untuk terhubung dengan internet.

5. Drone

5G memungkinkan operator untuk mengendalikan drone dengan presisi yang tinggi, dan bisa mengirimkan video berdefinisi tinggi secara real time. Selain itu jaringan generasi kelima ini juga bisa membuat sekumpulan drone saling berkomunikasi satu sama lain.

6. Robot Pekerja

Dengan metode machine-to-machine communications (M2M) 5G memungkinkan skenario di mana perangkat seperti robot bisa saling berkoordinasi dalam menjalankan tugas di pabrik, area konstruksi, dan lain-lain, di bawah panduan hub M2M di base station 5G.



Simak Video "Blokir Huawei, Inggris Gandeng Nokia Jadi Pemasok Jaringan 5G"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)