Amazon Ubah Telapak Tangan Kalian Jadi Alat Pembayaran

Amazon Ubah Telapak Tangan Kalian Jadi Alat Pembayaran

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 30 Sep 2020 15:47 WIB
Pembayaran digital
Amazon Ubah Telapak Tangan Kalian Jadi Alat Pembayaran (Foto: CNN Business)
Jakarta -

Upaya terbaru Amazon untuk mempercepat konsumen berbelanja adalah dengan memungkinkan kalian melakukan pembayaran menggunakan telapak tangan. Ya, telapak tangan kalian akan berfungsi sebagai alat pembayaran.

Pekan ini, perusahaan milik Jeff Bezos tersebut memperkenalkan Amazon One yang menghubungkan data biometrik telapak tangan ke kartu kredit yang sudah disimpan, sehingga konsumen tinggal meletakkan tangan di atas sensor ketika akan check out dan membayar belanjaan di Amazon Go. Biasanya, pengunjung menggunakan kode di smartphone untuk check out di swalayan tanpa kasir ini.

Sebagai tahap awal, fitur ini akan tersedia di dua toko Amazon Go di Seattle. Amazon berencana menambahkan ketersediaannya di lebih banyak toko Amazon Go yang tersebar di Seattle, San Francisco, New York, dan Chicago. Selain itu, ke depannya Amazon juga ingin menghadirkannya ke retailer lain, dan mungkin tempat-tempat publik seperti kantor, stadion, dan lain-lain.

Vice President of Physical Retail and Technology Amazon Dilip Kumar mengatakan, Amazon One sebenarnya sudah dijajal sejak lama sebelum pandemi. Namun saat pandemi seperti ini, sepertinya menjadi waktu yang tepat bagi Amazon untuk memperbanyaknya. Amazon berupaya menjawab kebutuhan konsumen yang merasa akan lebih nyaman dengan pembayaran tanpa kontak.

Di sisi lain, seperti dikutip dari CNN Business, Rabu (30/9/2020) menyerahkan data biometrik seluruh telapak tangan ke raksasa retailer AS tersebut memunculkan kekhawatiran lain. Amazon sebelumnya mendapat kecaman dari para pengawas kebijakan privasi yang menyoroti software pengenalan wajahnya.

Kecaman ini membuat Amazon pada Juni lalu menghentikan sementara penjualan software pengenalan wajah tersebut ke polisi. Mengenai data Amazon One, Kumar mengatakan perusahaan mereka tidak menyimpan informasi apa pun secara lokal pada pemindai di toko. Disebutkannya, semua hasil scan telapak tangan dienkripsi dan Amazon menyimpannya secara online.

"Amazon sengaja memilih telapak tangan dibandingkan biometrik lainnya karena dapat dicocokkan dengan sangat akurat, dan pelanggan harus membuat gesture yang disengaja untuk menggunakannya. Saya merekomendasikan Anda mencobanya, saya ingin melihat bagaimana Anda akan menyukai pengalaman itu," kata Kumar.

Sebelum mencobanya, pengguna harus memasukkan akun kartu kredit ke dalam perangkat Amazon One dan meletakkan telapak tangan di atasnya agar bisa dipindai. Untuk membuatnya seakurat mungkin, kamera mengambil banyak gambar dari garis halus dan punggung telapak tangan, serta menangkap beberapa detail seperti urat yang tidak terlihat dalam foto biasa.

Setelah didaftarkan, pengguna bisa meletakkan telapak tangan mereka di atas pemindai Amazon One ketika akan memasuki toko Amazon Go. Ketika selesai berbelanja, mereka akan melakukan hal serupa untuk membayar belanjaan dan check out di pintu keluar toko.



Simak Video "Amazon One, Saat Bayar Belanjaan Cukup dengan Scan Tangan"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)