Ikutan Nih, Beasiswa untuk Bekal Kamu Jadi Talenta Digital

Ikutan Nih, Beasiswa untuk Bekal Kamu Jadi Talenta Digital

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 28 Sep 2020 20:55 WIB
Online education concept with person using a laptop on a white table
Ikutan Nih, Beasiswa untuk Bekal Kamu Jadi Talenta Digital. Foto: Getty Images/iStockphoto/Melpomenem
Jakarta -

IBM Indonesia bekerja sama dengan Yayasan Dicoding Indonesia, mengumumkan program pembelajaran gratis buat kamu yang akan bekerja di industri digital.

Program pembelajaran yang ditujukan bagi seluruh Warga Negara Indonesia (WNI) tanpa batas usia, profesi, dan persyaratan lainnya ini, diharapkan dapat memenuhi kebutuhan 'new collar' atau lapangan kerja baru yang akan terus meningkat di sektor industri digital yang berkembang cepat.

Seperti dikutip dari pidato Presiden Joko Widodo, talenta digital di Indonesia merupakan tumpuan masa depan bangsa. Angkatan kerja dari lembaga pendidikan setara SMK dan Universitas yang dituntut untuk bisa memenuhi permintaan new collar tersebut.

Kegiatan yang diluncurkan oleh Dicoding bersama IBM ini sesuai dengan yang disampaikan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu untuk memperluas talenta digital di Indonesia. Negara kita membutuhkan talenta digital sebanyak kurang lebih 9 juta orang untuk 15 tahun ke depan, dan ini benar-benar memerlukan persiapan.

Bagi IBM, seperti dikatakan Presiden Direktur IBM Indonesia Tan Wijaya, kolaborasi ini menegaskan komitmen perusahaannya terhadap penerapan teknologi yang menempatkan tanggung jawab korporasi sebagai inti dari strategi bisnis. Melalui program ini IBM bertujuan untuk membekali setidaknya 600 developer dengan keterampilan yang tepat dan siap pakai dalam industri untuk membentuk masa depan.

"Di IBM, kami percaya bahwa teknologi tidak hanya penting bagi kesejahteraan manusia dan lingkungan, tetapi juga dapat mendorong inovasi dan kemakmuran. Kami melakukan bagian kami sebagai korporasi dalam memberikan kembali kepada komunitas," ujarnya.

Program racikan IBM Indonesia New Collar & Skill Accelerator Center tak hanya menstimulasi tumbuhnya talenta-talenta digital dengan keahlian baru, tetapi juga mendorong terciptanya inovasi dalam ekosistem developer Indonesia lewat sebuah kompetisi untuk mencetak karya dan solusi digital. Perlombaan bergengsi ini akan diluncurkan pada awal November 2020 mendatang.

"Disrupsi segala sektor ke digital adalah sebuah keharusan dan pandemi ini mempercepat proses itu. Oleh karena itu kita perlu lebih banyak inisiatif seperti Indonesia New Collar & Skill Accelerator Center ini untuk mencetak talenta-talenta digital yang mengakselerasi transformasi bangsa," ujar CEO Dicoding Narenda Wicaksono lewat keterangan resminya.

Program berbentuk pembelajaran online di bidang digital ini bertujuan untuk memberikan kesempatan melalui beasiswa belajar kepada developer se-Indonesia. Termasuk di dalamnya, para guru dan dosen yang diharapkan mampu membangun kapasitas generasi digital Indonesia berikutnya.

Selain itu, program ini juga akan menambah pilihan keterampilan bagi para developer sebagai tambahan keahlian yang dikemas khusus oleh Dicoding untuk pasar Indonesia berdasarkan materi pembelajaran yang dimiliki IBM.

Jika berminat, kamu dapat mendaftar di situs https://ibm.dicoding.com/ paling lambat Rabu, 30 September 2020 dengan memilih hingga tiga pilihan kelas berkurikulum standar industri global berikut ini:

  • Belajar Membuat Aplikasi Kognitif

Kurikulum ini didesain untuk developer yang ingin mempelajari aplikasi kognitif dengan menggunakan teknologi IBM Watson.

  • Memulai Pemrograman dengan Python

Kurikulum ini didesain untuk developer yang ingin menjadi data scientist dan machine learning engineer. Bahasa Python merupakan dasar dari kedua ilmu tersebut.

  • Belajar Machine Learning untuk Pemula

Kelas ini membahas mengenai dasar-dasar yang harus dipahami dalam pembelajaran mesin (machine learning) seperti data, model, kernel, neural network, dan tensorflow.

Usai pendaftaran, para peserta yang memenuhi syarat akan menerima akses pembelajaran selama 30 hari, yang akan diinformasikan pada tanggal 5 Oktober 2020.



Simak Video "Kenalin Apple Music TV: Acara Musik 24 Jam Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)