Komitmen Grab Dukung Masyarakat Bertahan di Tengah Pandemi

Komitmen Grab Dukung Masyarakat Bertahan di Tengah Pandemi

Inkana Putri - detikInet
Jumat, 25 Sep 2020 20:51 WIB
Grab
Foto: Grab
Jakarta -

Grab Indonesia berkomitmen mendukung masyarakat Indonesia untuk bisa bertahan selama pandemi, salah satunya melalui pengembangan UMKM. Sejak mewabah di Indonesia, COVID-19 menggeser pola kerja bagi masyarakat Indonesia, membuat pekerja mandiri dan UMKM menjadi bagian penting ekonomi layaknya pekerjaan formal dan informal.

Hal ini terlihat dari riset CSIS & Tenggara Strategic di tahun 2020, yang mencatat kontribusi ekonomi pekerja mandiri dan UMKM pada platform Grab telah mencapai Rp 77,41 triliun di tahun 2019.

Grab juga mengalami penambahan 170 ribu mitra UMKM Grab selama pandemi sejak pertengahan Mei hingga akhir Agustus, serta menargetkan untuk merangkul lebih dari 400.000 UMKM lewat kolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UMKM.

"Kami menargetkan menjadi akhir tahun 400 ribu tambahan UMKM yang masuk platform Grab. Sebenarnya dengan program #TerusUsaha, kami berusaha para UMKM bisa mendaftarkan sendiri secara online untuk menjadi mitra kami," ujar Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi.

Selama pandemi, Grab telah menginvestasikan sebesar Rp 260 Miliar untuk mendukung pemerintah, masyarakat, mitra pengemudi, UMKM dan petugas medis. Grab juga meluncurkan lebih dari 50 inisiatif, layanan dan solusi baru, antara lain GrabMart dan GrabAssistant yang bertujuan memudahkan masyarakat membeli kebutuhan harian dari dari rumah.

Grab juga melakukan digitalisasi UMKM Indonesia melalui program #TerusUsaha yang bekerja sama dengan lebih dari 25 lembaga dan pemerintahan dengan menghadirkan pelatihan, pinjaman modal usaha, dan platform teknologi baru seperti GrabMerchant dan GrabKios. Hal ini tentunya membuat para mitra pengantaran dan UMKM yang tergabung dalam platform Grab memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan karena terhubung dengan lebih banyak pelanggan berbasis digital.

Adapun hingga saat ini, terdapat lebih dari 185.000 UMKM baru dan 32.000 pedagang tradisional yang merasakan manfaat dari digitalisasi Grab selama pandemi.

Sebagai informasi, Riset Blackbox Research dan Toluna mencatat Grab sebagai merek paling diminati dengan kepuasaan tertinggi di Indonesia dan ketiga di Asia Tenggara. Riset ini juga menggarisbawahi kelihaian Grab dalam menyesuaikan strategi dan mendiversifikasi layanannya untuk menjawab kebutuhan masyarakat, mitra dan UMKM yang dinamis terutama di tengah pandemi COVID-19.



Simak Video "Skuter Listrik Beroperasi Lagi di Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)