Dari Suara Smartphone Bisa Menggandakan Kunci Rumah

Dari Suara Smartphone Bisa Menggandakan Kunci Rumah

Josina - detikInet
Minggu, 30 Agu 2020 18:07 WIB
Ilustrasi Ponsel, Ilustrasi Smartphone
Dari Suara Smartphone Bisa Menggandakan Kunci Rumah. (Foto: Photo by Greg Froning on Unsplash)
Jakarta -

Kita semua tahu bahwa kunci dapat dikloning atau digandakan sebagai cadangan apabila salah satu hilang. Dan biasanya untuk mendapatkan kunci cadangan ini kita harus pergi ke pembuatan cetakan kunci.

Nah, dengan teknologi yang makin canggih kini ada cara yang lebih mudah untuk menggandakan kunci yang berhasil ditemukan oleh para peneliti di National University of Singapore.

Dilansir detikINET dari Ubergizmo, mereka mengatakan telah membuat program degan memanfaatkan cara kerja mikrofon dari smarpthone untuk dapat mengkloning kunci.

Cara kerjanya adalah saat pengguna memasukkan kunci ke dalam lubang kunci pintu, maka mikrofon smarpthone akan menangkap suara yang dihasilkan oleh kunci pintu saat bagian kunci bergerak.

Kemudian diinterpretasikan oleh aplikasi untuk mengetahui pola di pinggiran kunci pengguna, dan kemudian menghasilkan satu set kunci yang mirip dengan kunci yang pengguna gunakan.

"Rata-rata, SpiKey mampu menyediakan 5,10 kunci kandidat dari 330.424 kunci, dengan 3 kunci kandidat menjadi yang paling berpeluang," jelas para peneliti.

Para peneliti juga mencari potensi untuk mengeksploitasi sistem bel pintu pintar, di mana alih-alih menggunakan mikrofon smartphone, mereka juga dapat menggunakan mikrofon dari sistem bel pintu pintar untuk menangkap suara juga.



Simak Video "Pameran Teknologi Otomotif Terkini, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/vmp)