Tips Bikin Konten TikTok Agar Ditonton Banyak Orang

Tips Bikin Konten TikTok Agar Ditonton Banyak Orang

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Kamis, 27 Agu 2020 09:15 WIB
TikTok Sebut Hapus 380.000 Video dari AS Terkait Ujaran Kebencian dan Rasisme
Foto: DW (News)
Jakarta -

Meningkatnya popularitas TikTok tentunya bakal meningkatkan persaingan bagi para kreator, utamanya dalam menarik perhatian penonton. Berikut tips membuat konten TikTok agar mendapat banyak penonton.

Konten video yang dianggap menarik akan ditonton dan disukai banyak orang. Alasan ini juga yang membuat banyak pengguna TikTok berlomba-lomba membuat konten terbaik supaya bisa mendulang view melimpah, seperti yang dilakukan TikTok Creator @jordandoang dan model kembar Valerie Twins dan Veronika Twins.

Dalam acara Livestream #TikTalkShow yang dibawakan oleh Nia Ramadhani, ketiga kreator video TikTok dengan jumlah followers di angka ratusan ribu ini berbagi tips untuk membuat konten video yang disukai banyak orang.

Menurut Valerie, banyak pengguna TikTok yang menyukai konten yang mampu memberikan nilai positif dan inspiratif. Oleh karenanya, model kembar ini kerap beraksi dengan menyisipkan informasi-informasi yang berfaedah dalam konten videonya.

"Awalnya banyak bikin konten dance, kita tidak bisa dance tapi ingin mengikuti tren. Jadi bagaimana kalau kita dance, (sambil) kita tambahin tulisan-tulisan yang berfaedah. Jadi kesannya positif dan inspiring. Kita mau lebih fokus pada pesan-pesan positif," ujar Valerie.

"Videonya juga harus menarik atau orisinil. (Pengguna) TikTok suka banget dengan yang original dan kreatif, kemudian pakai lagu yang lagi tren. Content oriented banget menurut aku, jadi dari kontennya dulu. Kontennya mau bikin apa, misalnya tips atau komedi, atau dance," jelasnya.

Selain itu, keduanya juga kerap memantau konten TikTok yang sedang trending sebagai acuan. Jumlah konten yang harus di-upload tiap harinya juga berpengaruh pada pencapaian popularitas di aplikasi TikTok. Terutama dengan tujuan agar bisa lebih sering terlihat di halaman For You Page (FYP) atau explore.

"Aku jadwalin sehari tiga video. Makanya cepet juga naiknya. Jadi supaya kita tidak hilang dari timeline atau explore, kita harus sering memberikan konten," ungkap Valerie.

Tak jauh berbeda, TikToker @jordandoang juga melakukan hal yang sama. Tapi di samping itu, kualitas video juga penting. Oleh karena itu, dirinya sangat mementingkan pencahayaan ketika membuat video.

@jordandoang juga berbagi semangatnya untuk membuat konten TikTok. Pasalnya di awal-awal dirinya bermain TikTok, ia pernah menghabiskan waktu selama dua bulan hanya untuk mempelajari sejumlah gerakan dance yang populer di aplikasi TikTok.

"Aku download TikTok, cobain dance-nya. Aku bukan dancer sama sekali, jadi aku tidak bisa dance awalnya. Aku belajar sendirian. Walaupun tidak bisa dance sama sekali, aku paksain belajar. Sehari aku upload bisa 2-3 konten. Lighting mesti bagus. Kalau bisa cari pencahayaan yang bagus, biar kualitas videonya juga bagus," katanya.



Simak Video "Terekam CCTV, Aktivitas Pria di Jaktim Sebelum Tewas saat Live TikTok"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)