CEO Apple Berduka dan Janjikan Bantuan ke Lebanon

CEO Apple Berduka dan Janjikan Bantuan ke Lebanon

Fino Yurio Kristo - detikInet
Senin, 10 Agu 2020 08:44 WIB
Tim Cook
CEO Apple, Tim Cook. Foto: Reuters
Jakarta -

Ledakan dahsyat di pelabuhan di Beirut yang menewaskan lebih dari 150 orang dan membuat puluhan orang lainnya masih hilang, turut membuat CEO Apple, Tim Cook, berduka cita. Suksesor dari mendiang Steve Jobs itu juga menjanjikan bantuan kemanusiaan buat Lebanon.

"Apple berdonasi pada organisasi-organisasi yang membantu kebutuhan mendesak dan juga dukungan jangka panjang di Beirut," tulis Cook di akun Twitter resminya.

"Kami turut berduka dengan orang-orang di Lebanon, para karyawan kami dan semua pihak yang terdampak oleh tragedi tersebut," tambah pria berkacamata ini.

Namun Cook tidak menjelaskan secara spesifik soal angka maupun bantuan seperti apa yang diberikan Apple ke Beirut. Akan tetapi memang perusahaan yang memproduksi iPhone dan iPad ini sudah cukup sering memberi bantuan jika terjadi bencana, seperti halnya raksasa teknologi lain.

Saat pandemi Corona mulai melanda, Apple berdonasi jutaan masker, pelindung wajah dan juga dalam bentuk uang. Menanggap gerakan Black Lives Matter, mereka juga memberikan sumbangan USD 100 juta untuk meningkatkan kesetaraan sosial dan rasial.

Presiden Lebanon Michel Aoun telah mengatakan bahwa ledakan tersebut mungkin disebabkan oleh kelalaian atau serangan rudal. Dia pun menolak seruan luas untuk penyelidikan internasional.

Pihak berwenang mengatakan bahwa kebakaran yang terjadi di pelabuhan itu telah memicu ledakan berton-ton amonium nitrat yang disimpan selama bertahun-tahun di gudang.

Apapun itu, banyak warga Lebanon sekarang sedang menjalani masa-masa sulit akibat ledakan tersebut. Bantuan dari berbagai pihak, termasuk inisiatif Apple, tentu sangat mereka perlukan.



Simak Video "Duka Keluarga Pemadam Kebakaran yang Tewas di Ledakan Beirut, Lebanon"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)