Balada YouTuber Turah, Fenomenal Lalu Kena Skandal

Round Up

Balada YouTuber Turah, Fenomenal Lalu Kena Skandal

Tim detikcom - detikInet
Jumat, 07 Agu 2020 06:00 WIB
Turah Parthayana dan kedekatannya dengan gadis-gadis asal Rusia
Foto: (dok.YouTube)
Jakarta -

Berkarir sebagai YouTuber bisa bikin terkenal, tapi reputasi perlu dijaga. Inilah cerita YouTuber Turah Parthayana yang tersandung masalah pelecehan seksual.

Sepanjang Kamis (6/8) kemarin, media sosial Twitter dan YouTube ramai dengan terungkapnya skandal pelecehan seksual yang menyeret nama Turah Parthayana. Banyak netizen kaget, karena Turah adalah Youtuber populer.

Inilah perjalanan kisahnya sepanjang hari:

1. Moncer jadi YouTuber

Turah Parthayana adalah YouTuber asal Bali. Ia mendapat beasiswa dan kuliah Manajemen Bisnis di Tomsk State University, Kota Tomsk, Rusia. Dia sukses mengembangkan channel YouTube miliknya. Turah sampai memiliki 1,16 juta subscriber di YouTube.

Video-video kontenya banyak mengabadikan kehidupannya selama menuntut ilmu di negara Rusia. Kontennya menarik terutama untuk anak muda dan bisa jadi inspirasi untuk pergi kuliah ke luar negeri.

Gimmick-gimmick videonya pun menarik. Banyak gadis-gadis cantik Rusia, teman-teman Turah tampil menjadi bintang tamu videonya.

2. Skandal pelecehan seksual terungkap

Twitter heboh ketika pelecehan seksual yang menyeret Turah terungkap. Tuduhan ini pun diawali dari postingan di Twitter oleh akun Libur Panjang @sandi-sa119.


Cerita juga datang dari Jehian Panagian Sijabat yang merupakan manajer dari Turah dan sejumlah YouTuber ternama Indonesia lainnya. Penjelasan Jehian bisa disimak di sini.


Dengan memadukan dua tweet ini, netizen pun mendapat cerita berimbang. Tapi tetap saja mengejutkan. Kejadian ini membuat Turah menjadi trending topic di Twitter Indonesia.

3. Kejadian pelecehan seksual

Kejadian pelecehan seksual ini terjadi pada November 2019. Korban adalah mahasiswi Indonesia di kota yang sama. Turah Parthayana dan JA (korban) merupakan teman dekat yang sering menghabiskan waktu bersama dengan teman-temannya yang lain.

Usai kejadian pelecehan Turah dilabrak pacar JA. Lalu mereka dimediasi Ketua PPI setempat bernama Gokma. Korban dikonfrontir soal kejadian pelecehan seksual oleh Turah.

Turah tidak membantahnya. Dia pun mendapat sejumlah sanksi seperti diminta tinggal menjauh dari korban dan mundur dari keanggotaan PPI di Rusia.



Simak Video "YouTuber Turah Parthayana Jawab Tudingan Lakukan Pelecehan Seksual"
[Gambas:Video 20detik]