Gojek Dukung Rencana Integrasi Sistem Pembayaran Transportasi Jakarta

Gojek Dukung Rencana Integrasi Sistem Pembayaran Transportasi Jakarta

Rachmatunnisa - detikInet
Rabu, 05 Agu 2020 12:10 WIB
gojek
Foto: Gojek
Jakarta -

Gojek baru saja memperkenalkan GoTransit. Layanan ini akan jadi modal Gojek dalam mendukung integrasi sistem pembayaran transportasi Jakarta.

Dikatakan Head of Transport Gojek Group Raditya Wibowo, GoTransit sebenarnya sudah ada sejak awal Maret. Situasi pandemi membuat Gojek urung mempromosikannya tepat waktu, dan baru memperkenalkannya sekarang.

"Solusi ini membantu pengguna untuk merencanakan dan memantau perjalanan dari/ke berbagai titik hub transportasi publik melalui rekomendasi rute terintegrasi dan informasi operasional," kata Raditya dalam diskusi virtual, Selasa (4/8/2020).

Selain itu, GoTransit akan mendukung rencana pemerintah mengintegrasikan sistem pembayaran transportasi di wilayah DKI Jakarta.

Fungsi dasar GoTransit sendiri memang sebagai perencana perjalanan. Pengguna bisa memasukkan tujuannya, lalu GoTransit akan menyarankan transportasi publik terdekat dan cara mengaksesnya.

Nah, pada GoTransit sudah disiapkan sejumlah pengembangan, termasuk sistem pembayaran. Dijelaskan Raditya, GoTransit akan memungkinkan pemesanan maupun pembelian tiket transportasi multimoda.

"Kami sudah rencanakan berbagai pengembangannya, seperti rekomendasi rute dengan transit paling sedikit untuk meminimalkan kontak, fitur untuk mengetahui seramai apa hub transportasi publiknya di jam ketika si pengguna akan menuju ke sana, dan sebagainya," sebut Raditya.

"Kami juga ingin ada fitur pemesanan tiket multimoda bisa dilakukan lewat aplikasi Gojek. Misalnya user bisa beli tiket perjalanan dalam satu paket, jadi tidak perlu bayar berkali-kali ketika berganti moda transportasi," urainya.

Berbekal pengembangan GoTransit, Raditya mengatakan perusahaannya mendukung penuh rencana pemerintah mengintegrasikan sistem pembayaran transportasi di wilayah DKI Jakarta. Raditya memastikan perusahaannya siap membuka kolaborasi, baik dengan pemerintah maupun pengelola transportasi massal.

"Kami siap mendukung dan berkolaborasi dengan pemerintah maupun pengelola transportasi publik untuk mewujudkan integrasi ini. Inisiatif apapun dari pemerintah yang membuat jadi lebih simpel pasti kami dukung," tutupnya.



Simak Video "Gojek Kembangkan Layanan Integrasi Moda Transportasi Publik"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fay)