Duh, Kylie & Kendall Jenner Promosikan AirPods Abal-abal

Duh, Kylie & Kendall Jenner Promosikan AirPods Abal-abal

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 02 Agu 2020 18:32 WIB
MELBOURNE, AUSTRALIA - NOVEMBER 18: Kendall Jenner and Kylie Jenner arrive at Chadstone Shopping Centre on November 18, 2015 in Melbourne, Australia. (Photo by Scott Barbour/Getty Images)
Foto: Scott Barbour/Getty Images
Jakarta -

Kylie dan Kendall Jenner mempromosikan Apple AirPods palsu di Instagram. Hal ini diketahui dari hasil investigasi BBC Click.

Duo bersaudara ini merupakan selebriti di antara puluhan influencer yang ditemukan BBC mempromosikan teknologi abal-abal, termasuk tiruan AirPods dan Apple Watch.

Dikutip dari Insider, BBC Click melaporkan bahwa para influencer yang mempromosikan produk tersebut menampilkan tautan ke toko online vendor yang mengirimkan produk langsung dari China.

Para vendor ini dikenal sebagai drop shipper dan mereka memang kerap menggunakan influencer untuk mempromosikan produk mereka. Laporan BBC menyebutkan, produk tiruan biasanya mirip secara visual dengan yang asli, tapi tidak akan berfungsi dengan baik.

Ini bukan pertama kalinya Jenner bersaudara disorot karena mempromosikan gadget abal-abal. Tom Warren, editor senior The Verge pernah memposting tweet yang menyebutkan Kylie mempromosikan AirPods palsu di Instagram story-nya pada November 2019. Hal serupa terjadi pada Mei 2019, dan Kendall melakukan hal yang sama.

Tudingan lain yang menyebut Kylie mempromosikan AirPod tiruan juga muncul di forum-forum seperti RepTronics di Reddit. Forum ini bahkan memang khusus membahas barang-barang elektronik tiruan.

Merespons laporan ini Apple mengatakan produk kloningan melanggar hak kekayaan intelektual mereka. Namun Apple tidak sampa melaporkan kedua selebriti tersebut ke ranah hukum. Apple sendiri punya layanan khusus di websitenya yang memungkinkan orang-orang melaporkan gadget Apple yang diduga palsu.


Sedangkan Instagram berkomentar bahwa influencer harus mematuhi hukum setempat ketika mempromosikan merek atau berpartisipasi dalam kemitraan berbayar menggunakan platformnya. Sementara itu, dua bersaudara Kylie dan Kendall Jenner menolak berkomentar.



Simak Video "Celotehan Anak Kylie Jenner yang Bikin Hati Tersentuh"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/asj)