TikTok Pastikan Keamanan Data Pengguna di Indonesia

TikTok Pastikan Keamanan Data Pengguna di Indonesia

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 29 Jul 2020 16:00 WIB
aplikasi tiktok
TikTok Pastikan Keamanan Data Pengguna di Indonesia Foto: Unsplash/Kon Karampelas
Jakarta -

Belakangan ini TikTok menjadi sorotan di Amerika Serikat dan India karena dituding sebagai ancaman terhadap keamanan nasional. Meski di Indonesia tidak ada seruan serupa, TikTok ingin memastikan bahwa keamanan dan privasi penggunanya di Tanah Air.

Seperti diketahui, TikTok saat ini diblokir di India karena dianggap mengancam kedaulatan dan integritas India, setelah hubungan China-India yang memanas. Sementara itu AS menuding TikTok sebagai mata-mata dan memberikan data pengguna ke pemerintah China.

Head of User and Content Operations TikTok Indonesia Angga Anugrah Putra mengatakan keamanan dan kenyamanan pengguna merupakan prioritas bagi TikTok.

"Ada informasi yang tidak bener terkait itu. Statement kami keamanan dan kenyamanan pengguna adalah prioritas kami. Dituduh spying itu nggak benar," kata Angga dalam media briefing virtual, Rabu (29/7/2020).

Angga menegaskan TikTok tidak membagikan data milik pengguna kepada siapapun. Mereka juga memberikan kontrol sepenuhnya kepada pengguna untuk mengatur data mereka.

"User bisa pilih private atau publik. Mereka juga bisa atur nge-love video yang mana mau atau nggak. Semua kendali ini ada di tangan user," jelas Angga.

TikTok juga selalu berusaha setransparan mungkin dalam memberikan update informasi kepada pengguna. Aplikasi besutan ByteDance ini juga telah bermitra dengan konsultan dan pihak ketiga untuk isu transparansi ini.

Angga juga menjelaskan bahwa TikTok selalu mengikuti peraturan dari pemerintah lokal, termasuk pemerintah Indonesia dengan banyak kementerian. TikTok juga selalu memperbarui kebijakannya sesuai dengan negara tempat beroperasinya.

Untuk memastikan keamanan pengguna selalu terjaga, Angga juga menyarankan pengguna TikTok untuk selalu memperbarui aplikasinya dengan versi terbaru.

"Kalau memang ada update versi terbaru di iOS atau Android langsung saja. Make sure user selalu dapat pembaruan yang terkini. Itu juga meminimalisir banyak hal di technical issue," pungkasnya.



Simak Video "TikTok Dilaporkan Terkait Dugaan Pelanggaran Privasi Anak-anak"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)