Gambar di Pencarian Google Akan Dilabeli Cek Fakta

Gambar di Pencarian Google Akan Dilabeli Cek Fakta

Josina - detikInet
Kamis, 25 Jun 2020 15:00 WIB
Ilustrasi Google, ilustrasi YouTube, dan ilustrasi Facebook
Gambar Di Pencarian Google Akan Dilabeli Cek Fakta. (Foto: Andhika Prasetia)
Jakarta -

Gambar dapat dengan mudah dimanipulasi, misalnya saja gambar dapat diedit dengan menambah atau menghapus informasi dan hal ini kadang digunakan dalam artikel yang menyesatkan alias hoax.

Karena itulah bukanlah hal buruk jika pengguna menjadi skeptis dan waspada ketika melihat gambar secara online dan tidak percaya pada kebenaran informasi di gambar tersebut.

Nah, kini Google ingin memudahkan penggunanya untuk memberikan informasi yang tepat dan benar ketika mereka mencari gambar.

Dilansir detikINET dari Ubergizmo, perusahaan telah mengumumkan bahwa mereka akan mulai menambahkan label pengecekan fakta pada setiap pencarian gambar di Google.

Artinya jika pengguna mencari gambar menggunakan mesin pencarian Google, maka kemungkinan akan menemukan gambar dengan label yang melekat pada gambar tersebut.

Dengan mengklik pada gambar tersebut pengguna juga akan diberikan informasi tambahan bersamaan dengan tautan ke situs web pengecekan fakta untuk meyakini kebenaran informasi pada gambar tersebut.

"Foto dan video adalah cara luar biasa untuk membantu orang memahami apa yang sedang terjadi di dunia. Tetapi kekuatan media visual memiliki jebakannya‚Ā† terutama ketika ada pertanyaan seputar asal-usul, keaslian, atau konteks gambar. " tulis Google.

Google mengklaim bahwa mereka akan menggunakan platform pemeriksaan fakta yang memenuhi kriteria perusahaan.

Ini bukan upaya pertama Google untuk mencoba memeriksa fakta layanannya. Beberapa tahun yang lalu, perusahaan tersebut memperkenalkan label-label pengecekan fakta pada halaman-halaman pencariannya yang mencoba untuk menghilangkan dugaan dari berita dan informasi yang salah.



Simak Video "Rating TikTok Anjlok Gegara Ulah Kreator India"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)