Hadirkan Cloud Platform, Google Tak Ikut Bangun Pusat Data Nasional

Hadirkan Cloud Platform, Google Tak Ikut Bangun Pusat Data Nasional

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 24 Jun 2020 20:12 WIB
Data Center Lulea
Hadirkan Cloud Platform, Google Ikut Kolaborasi Bangun Pusat Data Nasional Foto: Facebook
Jakarta -

Google baru saja menghadirkan layanan Google Cloud Platform di Indonesia. Apakah kehadiran ini menandakan Google Cloud dan pemerintah akan bekerjasama dalam membangun pusat data nasional?

Country Director Google Cloud Indonesia Megawaty Khie mengatakan pihaknya tidak terlibat dalam pembangunan pusat data nasional.

"Kami tidak terlibat. Kami berkomitmen untuk mendukung Indonesia 4.0 dan berharap dapat memperdalam kolaborasi kami dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika," kata Megawaty dalam keterangannya yang diterima detikINET, Rabu (24/6/2020).

Seperti diketahui pusat data nasional merupakan salah satu proyek infrastruktur yang dikembangkan Kominfo. Proyek ini diperkirakan akan selesai pada 2023 dan ditujukan untuk konsolidasi data pemerintah.

Megawaty juga mengatakan kehadiran Google Cloud Platform di Jakarta merupakan upaya Google untuk membantu pelanggannya, baik perusahaan besar maupun usaha kecil, untuk memenuhi peraturan dan kepatuhan setempat.

Terkait privasi data yang yang saat ini menjadi bahan perbincangan, Google mengatakan saat ini kontrol terhadap data sepenuhnya ada di pelanggan.

"Google Cloud mengamankan infrastruktur dan menyediakan alat bagi pelanggan untuk meningkatkan keamanan dan perlindungan privasi mereka," jelas Megawaty.

"Kami terus bekerja dengan lembaga pemerintah untuk mengembangkan kerangka kerja regulasi privasi yang dapat dioperasikan yang memastikan perlindungan keamanan yang kritis mengikuti data daripada batas nasional," sambungnya.

Menkominfo Johnny G. Plate dalam sambutannya saat peluncuran Google Cloud Platform Region Jakarta mengatakan pemerintah menyambut baik kontribusi Google Cloud dalam mendukung prinsip pemerintah yang menjunjung kedaulatan dan keamanan data.

"Peluncuran Google Cloud hari ini merupakan contoh sinergi yang sangat baik, di mana sektor dunia usaha, sektor bisnis, turut mendukung kebijakan pemerintah untuk memenuhi teknologi masa kini," ucap Johnny dalam pidato sambutannya.



Simak Video "Google Optimistis Pandemi Covid-19 Jadi Motivasi Percepat Digitalisasi"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)