Bekas Bos Google: Huawei Dipastikan Alihkan Jalur Data Lewat China

Bekas Bos Google: Huawei Dipastikan Alihkan Jalur Data Lewat China

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 22 Jun 2020 10:04 WIB
Logo Huawei
Foto: Reuters
Jakarta -

Mantan CEO Google Eric Schmidt menyebut Huawei berbahaya untuk keamanan nasional karena mengalihkan jalur data lewat China.

"Huawei dipastikan menjalankan praktik yang tak bisa diterima dalam hal keamanan nasional," ujar Schmidt dalam sebuah wawancara dengan BBC.

Menurutnya, sudah dipastikan bahwa informasi dari router Huawei bakal berujung di tangan pemerintah. "Hal itu benar terjadi, kami yakin itu terjadi," tambahnya.

Huawei sebenarnya sudah sejak lama dituding sebagai celah berbahaya untuk keamanan nasional Amerika Serikat. Pemerintahan AS di bawah presiden Donald Trump melarang Huawei untuk ikut campur dalam pengembangan jaringan 5G di negara tersebut.

Pemerintah AS juga menempatkan Huawei dalam 'entity list' yang membuat semua perusahaan asal AS tak bisa berbisnis dengan Huawei -- termasuk Google. Bahkan kini perusahaan dari negara manapun yang menggunakan teknologi asal AS juga dilarang berbisnis dengan Huawei.

Tak cuma itu, pemerintah AS pun 'memaksa' para sekutunya untuk ikut memblokir Huawei dari negaranya masing-masing. Negara yang baru-baru ini meninjau ulang hal itu ada Inggris, yang mulai membatasi peran Huawei dalam pembangunan infrastruktur 5G di negara tersebut.

Para ahli menyebut Huawei memang tak akan punya pilihan untuk menyerahkan data-data jaringan mereka ke pemerintah China jika memang diminta. Namun Huawei berulang kali menepis tudingan kalau mereka menyerahkan data konsumennya ke pemerintah China.

"Tudingan ini dibuat oleh Eric Schmidt, yang kini bekerja untuk pemerintah AS, dan tudingan ini tidak benar serta sama seperti tudingan sebelumnya, tidak didasari oleh bukti," ujar VP Huawei Victor Zhang, seperti dikutip detikINET dari Cnbc, Senin (22/6/2020).

Ya, Schmidt memang kini bekerja untuk pemerintah AS. Orang yang jadi pemimpin Google dari 2001 sampai 2011 tersebut adalah pimpinan dewan Defense Innovation Board milik Departemen pertahanan AS.

Schmidt sudah beberapa kali melontarkan pernyataan negatif terkait China. Contohnya adalah saat ia melemparkan prasangka yang menyebut China sangat hebat dalam meniru sesuatu.



Simak Video "Tanggapan Huawei Soal Kabar 'CLBK' dengan Google"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/afr)