5 Situs yang Kena Dampak COVID-19, Ada yang Naik dan Anjlok

5 Situs yang Kena Dampak COVID-19, Ada yang Naik dan Anjlok

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 18 Mei 2020 14:39 WIB
ilustrasi komputer
5 Situs yang Kena Dampak COVID-19, Ada yang Naik dan Anjlok. (Foto: Unsplash)
Jakarta -

Pandemi COVID-19 di Indonesia ikut mengubah perilaku netizen. Hal ini terlihat dari traffic ke sejumlah jenis situs selama masa pandemi. Banyak yang melonjak, ada juga yang anjlok.

Marketplace asuransi Lifepal.co.id, melakukan riset data traffic terhadap sejumlah situs penyedia jasa dengan kategori industri travel, belanja online, kesehatan, media pemberitaan, dan lowongan pekerjaan.

Dalam riset ini, Lifepal melakukan riset data traffic dari platform pemeringkat situs, Similarweb. Mereka mengambil tiga hingga lima situs teratas di setiap kategori industri sebagai sampel riset.

Hasilnya, traffic bervariasi antara satu kategori industri dengan kategori industri lainnya. Ada yang menunjukkan tren kenaikan, dan sebaliknya ada pula yang menunjukkan tren penurunan. Simak penjelasannya secara rinci berikut ini.

riset

1. Situs travel dan hotel kehilangan pengunjung

Sejalan dengan menurunnya mobilitas masyarakat akibat pandemi, situs-situs penyedia jasa penjualan tiket transportasi dan pemesanan hotel pun menurun.

Ada tiga situs ticketing terbesar yang dijadikan sampel, yakni Traveloka.com, Tiket.com, dan PegiPegi.com. Penurunan total traffic ke tiga situs tersebut sudah terjadi sejak Januari 2020.

Jika dibandingkan dengan puncak traffic pada Desember 2019, traffic di bulan April 2020 telah berkurang lebih dari 70%. Tren ini dikhawatirkan masih akan terus menurun dengan pembatasan mudik oleh pemerintah.

riset

2. Situs belanja online cenderung stabil dan sedikit menurun

Situasi pandemi membuat makin banyak orang memilih berbelanja berbagai keperluan dari rumah menggunakan aplikasi belanja online.

Namun, data menunjukkan traffic-nya ke situs-situs belanja online cenderung stabil dan justru menunjukkan tren sedikit turun. Item yang dibeli pengunjung pun bukan lagi fashion, melainkan produk-produk kesehatan, keperluan rumah tangga, makanan dan minuman, serta hobi.

Pada April 2020, lima situs yang dijadikan sampel yakni Tokopedia.com, Shopee.co.id, Bukalapak.com, Lazada.co.id, dan Blibli.com, meraup total 236 juta kunjungan.

Namun, traffic di bulan tersebut tidak lebih tinggi dari traffic total mereka di bulan Desember yang mencapai 258 juta kunjungan.