Sindir Donasi Zuckerberg untuk COVID-19, TikToker Panen Kritik

Sindir Donasi Zuckerberg untuk COVID-19, TikToker Panen Kritik

Aisyah Kamaliah - detikInet
Rabu, 01 Apr 2020 11:00 WIB
TikToker Ini Gambarkan Donasi Mark Zuckerberg untuk COVID-19, Panen Kritik
Tiktoker ini panen kritik setelah gambarkan donasi Mark Zuckerberg dan istri untuk perangi COVID-19.Foto: Insider
Jakarta -

CEO Facebook Mark Zuckerberg dan istrinya Prisilla Chan baru-baru ini mengumumkan donasi sebesar USD 25 juta (sekitar Rp 409 miliar) bekerjasama dengan Bill and Melinda Gates Foundation untuk memerangi COVID-19. Uniknya, salah satu TikToker mencoba memvisualkan uang yang digelontorkan Zuckerberg lewat sebuah minuman.

Mona Chalabi adalah seorang jurnalis data asal Inggris yang merepresentasikan kekayaan Zuckerberg dan istri yang seakan tidak ada habisnya sekalipun sudah berdonasi sebesar itu. "0,03% baby," tulis Chalabi sebagai keterangan dari video yang ia unggah.

Dikutip dari Insider, Chalabi mengungkapkan bahwa ia melakukan ekstraksi 0,3% bukannya 0,03% sehingga artinya donasi Zuckerberg 10 kali lebih sedikit dari yang ia tampilkan. Ia pun kemudian mengunggah video itu di akun Twitter miliknya.



Banyak komentar berdatangan setelah video tersebut viral dan mendapatkan 6,1 juta viewers serta 151 ribu likes. Sebagian mengkritiknya karena bagaimanapun, Zuck sudah berusaha membantu.

"Daripada mencibir, bersyukur dengan USD 25 juta itu. Berapa banyak dari kita yang tidak berdonasi sekalipun hanya 0,03% dari pendapatannya. Beritahu aku, kamu sudah donasi?" tulis salah seorang netizen.

"0,03% dari USD 75 ribu adalah USD 2,25," kata yang lain menjawab tweet sebelumnya.

"Mona pikir Zuckerberg benar-benar punya USD 81 miliar cash," tutur satu netizen yang kemudian disukai 2,9 ribu orang.



Simak Video "Naik 687 Kasus, Kasus Covid-19 di RI Jadi 25.216"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fyk)