Jumat, 27 Mar 2020 11:17 WIB

Kisah-kisah Mengharukan Saling Tolong di Tengah Pandemi COVID-19

Rachmatunnisa - detikInet
kitabisa Kisah-kisah Mengharukan Saling Tolong di Tengah Pandemi COVID-19. Foto: Screenshot Instagram @kitabisacom
Jakarta -

Di tengah suasana sendu dan cemas karena pandemi COVID-19, banyak kisah menginspirasi yang menggetarkan hati. Tak jarang aksi kebaikan yang dilakukan satu orang menular ke yang lain dan menjadi gerakan bersama untuk saling menolong.

Di timeline berbagai media sosial (medsos), berseliweran cerita bagaimana donasi dikumpulkan untuk para tenaga medis, ada juga yang berniat membantu ekonomi kalangan bawah yang terdampak, apresiasi untuk para tukang ojek dan mereka yang tidak punya pilihan bekerja dari rumah, bantuan untuk usaha-usaha kecil, dan masih banyak lagi.

Mulai dari organisasi, para influencer dan selebriti, hingga orang biasa, bahu membahu melakukan apa yang mereka bisa untuk menolong yang membutuhkan.

Para selebriti misalnya, menghibur masyarakat agar betah #dirumahaja dengan manggung online dan mengumpulkan donasi, ada juga para relawan yang bergerak menyalurkan berbagai kebutuhan.

Kemudian para dokter yang menyediakan konsultasi kesehatan online gratis agar orang tidak berdesakan di rumah sakit, tukang sayur yang menawarkan jasa antar pesanan, hingga para pekerja lapangan yang melakukan penyemprotan disinfektan.

Kisah-kisah ini antara lain terangkum di akun Instagram Kitabisa.com (@kitabisacom)

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]

"Corona kayak MALAIKAT yg memaksa org lain merubah akhlaknya, menjaga kebersihan, mengajak bersedekah, saling tolong menolong, dan memaksa org lain melakukan kebaikan demi dirinya dan orglain agar tdk saling menyebarkan virus tsb," kicau salah satu netizen di Twitter.

"Corona membawa banyak pelajaran bagi seluruh umat di dunia. Mulai dari:
1. Jaga jarak
2. Jaga kebersihan
3. Saling menghargai
4. Hal kecil bs membawa pengaruh yang luar biasa
5. Jaga kesehatan
6. Kerja ga harus di kantor
7. Saling berkorban
8. Kerja sama dan tolong menolong," tulis netizen lainnya.

Alhasil, cerita-cerita seperti ini menjadi menumbuhkan harapan dan kekuatan bagi kita semua di masa sulit seperti ini. Buat kalian yang cemas karena terlalu banyak terpapar berita terkait virus corona, bisa alihkan perhatian kalian dengan memperbanyak melihat dan menyebarkan cerita yang menularkan energi positif. Syukur-syukur kalian juga bisa ikut membantu dalam bentuk apapun yang kalian bisa.

Semoga badai ini lekas berlalu ya...



Simak Video "Soal Corona, Pemerintah: Yang Sakit Jangan Didiskriminasi"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)