Google Classroom, Google Scholar dan 7 E-Learning untuk Belajar di Rumah

Google Classroom, Google Scholar dan 7 E-Learning untuk Belajar di Rumah

Rosmha Widiyani - detikInet
Senin, 23 Mar 2020 08:12 WIB
Happy family with kid playing together, caring mom and dad smiling teaching little daughter to draw with color pencils, mother and father having fun with cute child help in creative weekend activity
Foto: iStock/Google Classroom, Google Scholar dan 7 E-Learning untuk Belajar di Rumah
Jakarta -

Wabah virus corona menyebabkan masyarakat, termasuk anak sekolah, libur dulu dari aktivitas rutinnya. Namun, libur bukan berarti tidak belajar karena proses akademis terus berjalan.

Buat yang masih sekolah atau kuliah, 9 situs e-learning ini bisa dicoba supaya bisa tetap belajar saat tinggal di rumah. Situs e-learning ini tentunya bisa dimanfaatkan sesuai tingkatan sekolah.

1. Google Classroom

Layanan Google Classroom adalah situs gratis yang dikembangkan Google for schools. Tujuan layanan ini adalah membuat, membagikan, dan menilai tugas tanpa kertas. Dengan layanan Google Classroom, proses berbagi file antara guru dan murid menjadi lebih mudah. Google Clasroom bisa diklik di https://classroom.google.com/

2. Google Scholar

Kadang disebut Google Cendekia, layanan ini memberi akses pada berbagai publikasi ilmiah. Publikasi ini biasanya menjadi materi pelajaran atau tugas bagi siswa sekolah hingga mahasiswa. Selain buku dan jurnal, bentuk publikasi yang tersedia adalah paten, laporan teknis, hingga berbagai jenis paper. Google Scholar bisa diakses di https://scholar.google.com/

3. E-learning untuk madrasah

Aplikasi e-learning untuk madrasah bisa dilihat di situs https://elearning.kemenag.go.id/, yang disediakan Kementerian Agama (Kemenag). Untuk bisa mengunduh aplikasi e-learning, user harus log in sebagai operator madrasah. Saat log in, user harus mengunggah Surat Keputusan (SK) sebagai syarat utama mendapatkan aplikasi e- Learning Madrasah.

4. E-learning Rumah belajar

Akses rumah belajar bisa diklik di https://belajar.kemdikbud.go.id, atau download aplikasinya lebih dulu di play store untuk mencoba e-learning selama libur sekolah karena virus corona.

5. E-learning Kelas Pintar

Akses e-learning untuk kelas pintar bisa di https://kelaspintar.id. Siswa sekolah bisa membukanya akses tersebut dan belajar mandiri selama libur.

6. E-learning Microsoft Office 365

Untuk e-learning yang ini bisa klik di https://microsoft.com/id-id/education/products/office. Belajar di link tersebut memungkinkan libur sekolah karena COVID-19 tidak terbuang percuma.

7. E-learning Quipper School

E-learning yang ini bisa diklik di https://quipper.com/id/school/teachers/. Akses ini membantu siswa tidak mati gaya selama libur sekolah untuk mencegah infeksi virus corona.

8. E-learning Sekolahmu

Link e-larning https://www.sekolah.mu/tanpabatas bisa dicoba buat yang ingin mengakses Sekolahmu. E-learning membantu siswa tidak ketinggalan pelajaran, saat libur sekolah untuk mencegah virus corona atau COVID-19.

9. E-learning Zenius

Akses https://zenius.net/belajar-mandiri tersedia buat yang mau coba e-learning dari Zenius. Hasilnya, virus corona atau COVID-19 nggak jadi alasan ketinggalan pelajaran saat libur sekolah.



Simak Video "Usaha Ruangguru Permudah Pembelajaran Jarak Jauh"
[Gambas:Video 20detik]
(row/erd)