Situs Pantau Corona Buatan Anak SMA Dapat 6,5 Juta Visitor Sehari

Situs Pantau Corona Buatan Anak SMA Dapat 6,5 Juta Visitor Sehari

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Rabu, 18 Mar 2020 13:36 WIB
Website Pantau Corona Paling Laku
Situs nCoV2019.live yang sederhana dan mudah dipahami (nCoV2019.live)
Jakarta -

Ada banyak situs pemantauan virus corona. Namun situs buatan anak SMA ini dapat kunjungan 6,5 juta orang, justru karena sederhana dan mudah dipahami.

nCoV2019.live adalah situs bikinan Avi Schiffmann (17), siswa SMA dari Seattle, Amerika Serikat. Situsnya jadi viral dan banyak dirujuk di Amerika dan dunia.

Seperti kata pepatah, usaha tidak pernah mengkhianati hasil. Website ini mulai online sejak Desember 2019, begitu wabah virus corona muncul. Tapi waktu itu, tidak ada yang peduli dengannya.


Kini, dengan wabah ini merajalela di 143 negara, situs nCoV2019.live kebanjiran banyak pengunjung dari seluruh dunia. Avi Schiffmann kepada Democracy Now mengatakan total sudah ada 35 juta pengunjung websitenya.

Bahkan pada 12 Maret 2020, ada 6,5 juta kunjungan atau unique visitor dalam sehari. Sebanyak 60% pengunjungnya dari Amerika, sisanya dari Asia, Eropa dan kawasan lainnya.

Situs Pantau Corona Buatan Anak SMA Dapat 6,5 Juta Visitor SehariAvi Schiffmann (Instagram)


Dikunjungi detikINET, Rabu (18/3/2020), situs ini memang sederhana dan mudah dipahami. Halaman depannya adalah data global dan regional. Ada jumlah kasus, jumlah korban jiwa, dirawat serius dan yang sembuh.

Angka ditulis dengan warna-warna berbeda khas anak remaja, namun jadi lebih mudah dipahami. Lalu ada navbar Map, untuk melihat peta sebaran virus corona di dunia.

Selain itu ada navbar Wiki, isinya adalah informasi penting, singkat dan padat mengenai berbagai hal terkait virus corona. Lalu ada Newsletter, jika pengunjung ingin dikirimi email update.


Tambahan lainnya ada About, isinya menjelaskan website ini bikinan Avi Schiffmann berkolaborasi dengan Jensen. Terakhir, ada link donasi untuk Avi Schiffmann lewat platform Ko-fi. Avi menggalang crowdfunding USD 3 per orang untuk menggarap situs informasi COVID-19.

Bagaimana website ini menjamin validitas angkanya? Avi melakukan web scraping ke banyak website untuk menarik data dari sumber terpercaya seperti badan penanggulangan penyakit di Amerika yaitu CDC Atlanta, badan kesehatan dunia WHO, kementerian dan dinas kesehatan lokal, dan BNO News yang menarik data dari situs berita berbagai negara misalnya detikcom untuk data dari Indonesia.



Simak Video "38 Daerah Berubah Status Jadi Zona Hijau, Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/rns)