Tangkal Corona, 4.900 Pegawai Tokopedia Latihan Kerja dari Rumah

Tangkal Corona, 4.900 Pegawai Tokopedia Latihan Kerja dari Rumah

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Sabtu, 14 Mar 2020 09:02 WIB
tokopedia
Tangkal Corona, 4.900 Pegawai Tokopedia Latihan Kerja dari Rumah (Foto: Tokopedia)
Jakarta -

Kerja dari rumah adalah alternatif cara untuk menangkal penyebaran virus corona. 4.900 pegawai Tokopedia akan latihan kerja dari rumah.

Hal ini dijelaskan VP Corcom Tokopedia, Nuraini Razak, dalam perbincangan dengan detikINET. Tokopedia secara reguler memang menggelar latihan emergency plan. Nah untuk kali ini terkait masalah virus corona.

"Minggu depan, Senin-Selasa 16-17 Maret 2020 kita mau ada latihan exercise kesiapan seandainya ada apa-apa atau apapun yang tidak memungkinkan datang ke kantor," kata Nuraini, Sabtu (14/3/2020).

Tokopedia pernah melakukan latihan semacam ini saat banjir besar melanda Jakarta di awal tahun. Kini dengan adanya ancaman virus corona, mereka kembali akan melakukannya, tapi kali ini dengan skala penuh.

"Kami sudah sering latihan remote, tapi ini pertama kali full. Jadi latihannya, 4.900 orang pegawai Tokopedia akan full kerja di rumah," jelasnya.

Skenarionya, semua orang remote dari rumah, tapi tetap kerja seperti biasa sesuai jam kantor dari pagi sampai malam. Semua kegiatan tetap sama, misalnya meeting atau kordinasi, tapi dilakukan secara virtual atau video conference.

"Kami mau lihat apakah dengan cara ini bisnis tetap bisa berjalan seperti biasa atau tidak," katanya.


Kantor Tokopedia sendiri setiap Jumat dan akhir pekan dibersihkan. Pegawai masih boleh ke kantor Sabtu dan Minggu ini, tapi Senin dan Selasa depan, tidak ada yang ke kantor.

Selain itu, Tokopedia juga melakukan sosialisasi anti virus corona kepada mitra penjual sejak Januari. Untungnya, para mitra adalah UMKM yang kebanyakan bukan bekerja di kantor.

"94% Mitra kami adalah UMKM, jadi mereka banyak di rumah," pungkasnya.

Perlu diketahui, digital nomad atau gaya kerja online dimana saja, adalah sebuah praktik yang sudah banyak dilakukan perusahaan digital di dunia ini, bahkan sebelum ramai virus corona. Kerja remote memang sebuah pilihan masuk akal sebagai sebuah langkah antisipasi COVID-19.



Simak Video "Tokopedia Jawab Soal Kebocoran 15 Juta Data Pengguna"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fay)