Facebook dan Alita Kerjasama Bangun Jaringan Fiber Optik di Indonesia

Facebook dan Alita Kerjasama Bangun Jaringan Fiber Optik di Indonesia

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 12 Mar 2020 21:34 WIB
ilustrasi laptop
Facebook dan Alita Kerjasama Bangun Jaringan Fiber Optik di Indonesia. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Facebook memperluas program Facebook Connectivity ke Indonesia. Mereka pun bekerjasama dengan PT Alita Praya Mitra (Alita) sebagai mitra untuk memperluas jaringan broadband di Indonesia.

Direktur Utama PT Alita Praya Mitra Teguh Prasetya mengatakan dukungan dari Facebook Connectivity akan digunakan Alita untuk membangun jaringan fiber optik sepanjang 3.000 km di Indonesia. Kawasan yang menjadi target pembangunan Alita dan Facebook Connectivity adalah Bali, Jawa, Sumatera dan Sulawesi.

"Kita lari ke kota grade 2 atau grade 3, karena di situ untapped market yang masih terbuka luas untuk kita pergunakan bersama untuk kebutuhan men-serve teman-teman operator dalam menyediakan layanan broadband mereka," kata Teguh dalam konferensi pers di Plataran Menteng, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Teguh mengatakan saat ini pembangunan tersebut sudah dimulai untuk tahap pertama dan diperkirakan selesai pada akhir tahun 2021. Setelah selesai, jaringan ini akan menjangkau 10 juta masyarakat Indonesia di 56 kota di 8 provinsi.

Fiberisasi ini tidak hanya akan memperluas jaringan 4G di Indonesia, tapi juga menjadi fondasi untuk jaringan 5G ke depannya.

Kepala Kebijakan Publik Facebook Indonesia, Ruben Hattari mengatakan kerjasama ini penting karena sekitar 3,5 miliar orang di dunia masih belum terhubung dan merasakan manfaat internet broadband. Indonesia pun dipilih sebagai salah satu negara untuk mulai menyelesaikan masalah ini.

Facebook dan Alita Kerjasama Bangun Jaringan Fiber Optik di IndonesiaFoto: Virgina Maulita Putri/detikINET

"Kami terus mencari model-model baru, kami terus mencari teknologi baru, mitra bisnis baru dan tentu mitra-mitra strategis di seluruh dunia untuk bagaimana kita bisa addressing problem tersebut," kata Ruben di kesempatan yang sama.

Ruben menegaskan peran Facebook Connectivity dalam kerjasama ini bukan sebagai provider. Mereka nantinya akan memberi dukungan teknologi seperti analitik dan infrastruktur.

Di kesempatan yang sama, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyambut baik kemitraan ini. Ia berharap nantinya jaringan fiber optic yang telah dibangun ini akan dimanfaatkan secara positif oleh masyarakat Indonesia.

"Saya menyambut baik sekali semua usaha deployment infrastruktur ICT di Indonesia itu dilakukan untuk menjangkau last mile," kata Johnny.

"Infrastruktur ICT yang kita bangun di Indonesia harus memberikan ruang yang sama kepada segenap warga negara kita dan mengajak negara kita untuk memanfaatkan dan menggunakannya," pungkasnya.



Simak Video "Kominfo Sambut Kerja Sama Facebook dan Alita Perluas Fiber Optik"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)