Dapat Peringatan Penipuan di Chat Aplikasi Gojek? Ini Fungsinya

Dapat Peringatan Penipuan di Chat Aplikasi Gojek? Ini Fungsinya

Reyhan Diandri Ghivarianto - detikInet
Jumat, 28 Feb 2020 19:32 WIB
Gojek
Foto: Reyhan Diandri Ghivarianto/detikcom
Jakarta -

Gojek menghadirkan inovasi keamanan terbaru untuk menghindari modus penipuan dalam chat aplikasinya. Fitur peringatan lewat chat dihadirkan karena maraknya modus penipuan yang dilakukan oleh oknum mitra kepada pelanggan dengan meminta uang lewat metode transfer.

"Buat saya pribadi modus penipuan lewat aplikasi ini benar-benar mengesalkan. Kebanyakan modus manipulasi psikologis dimulai dengan metode chat. Oleh karena itu kami membuat fitur ini,"ujar Co-CEO Gojek Kevin Aluwi, dalam konferensi pers #AmanBersamaGojek, di Kantor Pusat Gojek, Jakarta (28/2/2020).

Kevin mengatakan, berangkat dari penipuan chat tersebut bisa menjalar ke penipuan dengan modus telepon. Sehingga perlu tindakan yang mencegah terulangnya kejadian tersebut.

"Maka dari itu kita menghadirkan fitur ini. Dengan fitur peringatan, aplikasi dapat mendeteksi jika ada kata-kata tertentu dalam layanan-layanan Gojek ada instansi atau indikasi penipuan, maka chat bubblenya akan mengeluarkan peringatan," jelas Kevin.

"Peringatan tersebut akan mengeluarkan kata-kata bahwa Gojek tidak akan pernah minta uang di transfer. Hanya ada 3 metode pembayaran yaitu GoPay, Pay Later, atau pembayaran tunai melalui mitra Gojek," imbuh Kevin.

Menurut Kevin, dengan adanya fitur peringatan dari Gojek sejak awal tahun 2020, modus penipuan lewat aplikasi Gojek sudah berkurang sangat drastis.

"Ini merupakan fitur yang kami bangga sekali, karena dapat tepat sasaran masuk ke titik lemah dari pengguna yaitu masalah komunikasi sehingga bisa mencegah bentuk penipuan yang akan terjadi," pungkas Kevin.

Sekedar diketahui, Gojek bekerja sama dengan Menkominfo sedang menggalakkan literasi digital untuk masyarakat Indonesia melalui inisiatif #AmanBersamaGojek. Dalam inisiatif tersebut terdapat 3 pilar keamanan yang menjadi fokus dari Gojek yaitu Edukasi, Teknologi, dan Proteksi.

Dapat Peringatan Penipuan di Chat Aplikasi Gojek? Ini Fungsinya
(prf/fyk)