Jumat, 07 Feb 2020 14:34 WIB

Grab Siagakan Kamera CCTV di GrabCar Demi Tingkatkan Keamanan

Moch Prima Fauzi - detikInet
GrabCar Elektrik resmi diluncurkan di Terminal 3, Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Senin (27/1). Yuk, jajal sedan ramah lingkungan ini. Grab Siagakan Kamera CCTV di GrabCar (Ilustrasi/Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Kejahatan bisa datang di mana saja dan kapan saja. Untuk mengantisipasi adanya masalah tersebut, Grab menyiagakan kamera CCTV pada layanan GrabCar yang dapat memantau bagian dalam dan belakang kendaraan.

Kamera tersebut dipasang di bagian depan mobil untuk memantau situasi di dalam kendaraan. Sementara untuk memonitor bagian belakang, tersedia pula kamera yang merekam setiap kegiatan di belakang kendaraan.

Dikatakan Grab, CCTV yang dipasang pada GrabCar ini berguna untuk mengantisipasi dari tindak kejahatan untuk mitra dan penumpang Grab, jaminan perlindungan dan keamanan dalam pekerjaan, sebagai bahan bukti terhadap tindak kejahatan, serta memberikan rasa aman dan nyaman berkendara bersama Grab.

"Setiap kamera yang terpasang dilengkapi dengan tombol rahasia yang dapat ditekan mitra sewaktu waktu ketika dalam bahaya yang akan menghubungkan mitra dengan pasukan Satgas 24 jam," tulis Grab dalam blog resminya yang dikutip Jumat, (7/2/2020).

Kamera di bagian depan mobil akan merekam aktivitas selama perjalanan dan akan mengambil data audio (percakapan) dan video. Meski demikian kapasitas penyimpanan kamera hanya bertahan selama 3 jam. Setelah itu rekaman akan terhapus secara otomatis.

Sementara jika terjadi tindak kejahatan, rekaman akan dikirim ketika tombol darurat ditekan (baik via tombol rahasia maupun via aplikasi). Rekaman tersebut dikirimkan ke JVC Kenwood DIT Traxia (operator monitoring center).

Video yang terekam akan menjadi milik DIT Traxia dan hanya DIT Traxia/JVC Kenwood yang dapat me-retrieve videonya.

(prf/fay)