Kamis, 06 Feb 2020 11:54 WIB

Super Dermawan, Bill Gates Donasi Rp 1,3 Triliun Perangi Corona

Fino Yurio Kristo - detikInet
Bill Gates masak Bill Gates. Foto: Istimewa
Jakarta -

Bill Gates memang sungguh dermawan. Melalui yayasannya, Bill & Melinda Gates Foundation, disumbangkan dana luar biasa besar untuk membantu menangkal wabah virus corona.

Sebanyak USD 100 juta atau di kisaran Rp 1,3 triliun siap digelontorkan oleh yayasan tersebut. Sebelumnya, Bill & Melinda Gates Foundation sudah pula menyumbang uang USD 10 juta untuk tujuan yang sama.

Dana itu ditujukan untuk mendanai teknologi deteksi, isolasi dan perawatan bagi orang yang didiagnosa kena corona. Lalu juga untuk melindungi populasi di negara berkembang, misalnya di Afrika atau Asia Selatan.

Secara spesifik, USD 20 juta diberikan buat WHO dan otoritas di China, USD 20 juta untuk operasi darurat di Afrika dan Asia Selatan, kemudian sisanya USD 60 juta bakal dialokasikan untuk pengembangan vaksin serta perawatan lebih jitu.

"Harapan kami adalah sumber daya itu dapat membantu respons yang efektif. Respons ini harus dipandu oleh sains, bukan ketakutan, dan harus dibangun berdasarkan langkah yang sudah diambil WHO," kata CEO Gates Foundation, Mark Suzman, dikutip detikINET dari Forbes.

Sang pendiri Microsoft pun jadi dermawan pertama dari Amerika Serikat yang menyumbang dana demi melawan corona. Akan tetapi lantaran hubungan AS dan China sedang tegang, proses pemberian mungkin tak berjalan mulus.

Sejauh ini secara global, sekitar 24 ribu orang terinfeksi virus corona. Jumlah korban meninggal sekitar 500 orang.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Bill Gates Sumbang USD 100 Juta untuk Bantu Tangkal Corona"
[Gambas:Video 20detik]