Jumat, 24 Jan 2020 19:04 WIB

Keamanan WhatsApp Dipertanyakan Gegara Ponsel Orang Terkaya Bobol

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jeff Bezos dan kekasihnya, Lauren Sanchez. Foto: Associated Press
Jakarta -

Keamanan WhatsApp kembali jadi sorotan. Tak tanggung-tanggung, aplikasi messaging itu dimanfaatkan untuk menanam malware di ponsel orang terkaya dunia, Jeff Bezos. Misteri masih melingkupinya.

Menurut New York Times, pada 1 Mei 2018, Bezos menerima pesan WhatsApp dari akun kepunyaan pangeran Arab Saudi, Mohammed bin Salman.

"Keduanya sebelumnya komunikasi dengan platform messaging itu, tapi Bezos tak mengira ada pesan datang hari itu, apalagi dengan video. Video itu, file 4,4 MB, ternyata lebih dari kelihatannya, menurut analisis forensik yang diminta Bezos untuk mengetahui siapa yang membajak iPhone X-nya," sebut media itu.

Tersembunyi di file video adalah kode terpisah, kemungkinan besar merupakan malware yang ditanam untuk mengakses ponsel Bezos seluruhnya, termasuk foto-fotonya dan komunikasi privatnya.

Malware apa itu? Dugaan mengarah pada Pegasus. Spyware buatan perusahaan asal Israel, NSO Group ini memang sangat canggih dan tahun silam bikin kehebohan lantaran ketahuan menyusup pada telepon genggam orang-orang penting melalui WhatsApp.

Facebook menyebut Pegasus menyusup melalui fitur video call dan panggilan telepon WhatsApp, yang bahkan tak perlu dijawab ileh target serangan. Setelah disusupkan, Pegasus bisa mengeksekusi kodenya di dalam ponsel si korban lalu meraup data-data penting.

"Ya itu dilakukan oleh Pegasus (pembajakan ponsel Bezos-red), senjata siber yang dibuat oleh perusahaan Israel, NSO," sebut tweet dari aktivis Iyad el-Baghdadi.

Selanjutnya
Halaman
1 2