Senin, 13 Jan 2020 20:50 WIB

Lima Kesalahan Saat Memakai Smartphone

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: iStock
Jakarta - Belakangan ponsel sudah menjadi bagian yang tidak bisa dilepaskan dari manusia, sampai-sampai ketika tidur pun kerap dibawa serta. Padahal hal tersebut sebenarnya tidak begitu baik untuk kamu.

Dilansir dari laman Bright Side, ada lima kesalahan umum yang kerap kita lakukan saat menggunakan smartphone namun tidak begitu disadari.


1. Dibawa Tidur

Seperti disebutkan di muka, banyak orang membawa ponsel saat tidur. Beragam alasannya, salah satunya untuk dijadikan alarm membangunkan di pagi hari.

Perlu diketahui ponsel pada dasarnya pemancar dan penerima elektromagnetik. Kendati belum terbukti, peneliti terus melakukan riset pengaruh gelombang radio smartphone dapat mempengaruhi otak manusia setelah terpapar seharian.

Bila pun dibutuhkan untuk fungsi alarm, disarankan untuk mengatur smartphone ke mode pesawat. Sehingga tidak terpapar gelombang radio, kamu pun tidak terjaga gara-gara adanya notifikasi dari aplikasi.

Lima Kesalahan Umum Saat Menggunakan SmartphoneFoto: Bright Side


2. Cahaya Biru

Menurut penelitian cahaya biru pada layar ponsel akan menekan hormon melatonin pada otak manusia. Melatonin berfungsi untuk mengatur siklus malam dan siang atau siklus bangun dan tidur.

Bila terlalu banyak terkena paparan cahaya biru pada malam hari mengakibatkan mundurnya jadwal tidur seseorang, menyebabkan susah tidur, insomnia, atau tidur yang tidak nyenyak. Belum lagi sinar biru dapat menyebabkan sakit kepala dan masalah mata.

Disarankan atur night mode yang mengurangi cahaya biru pada layar.

Lima Kesalahan Umum Saat Menggunakan SmartphoneFoto: Bright Side


Selanjutnya
Halaman
1 2