Rabu, 18 Des 2019 13:53 WIB

Laporan dari Jepang

Mengenal FeliCa, Teknologi Canggih di Balik Kartu Elektronik Jepang

Johanes Randy Prakoso - detikInet
Kartu elektronik di Jepang (Johanes Randy/detikcom)
Tokyo - Di balik kartu elektronik, ada sistem canggih yang mengakomodasinya. Kalau di Jepang, ada sistem FeliCa yang terintegrasi dengan banyak sektor.

Wisatawan yang pernah liburan ke Negeri Sakura Jepang mungkin ada yang pernah membeli atau memakai kartu elektronik Suica atau Pasmo? Fungsinya pun beragam untuk media penyimpanan uang elektronik, pembelian dan pembayaran tiket hingga transaksi di mini market.


Di balik kartu elektronik serba bisa itu, ada sistem canggih bernama FeliCa besutan perusahaan teknologi Sony Japan. Saat program MRT Fellowship 2019 pekan lalu, detikcom bersama rekan media pun sempat berkunjung ke kantornya di Tokyo, Jepang.

Tiba di kantornya, pihak Sony Japan pun memberi presentasi singkat tentang sistem FeliCa yang diterapkan di balik kartu elektronik canggih Jepang.

"FeliCa digunakan untuk kartu elektronik di Jepang, sebagai kontrol akses," ujar Yosuke Kobayashi dari Departemen Pengembangan Bisnis Sony untuk pasar Asia Tenggara.

Mengenal FeliCa, Teknologi Canggih di Balik Kartu Elektronik JepangPerwakilan Sony Jepang selaku pemilik sistem FeliCa (Randy/detikcom)

Secara teknis, FeliCa merupakan kepanjangan dari Felicity Card atau teknologi contactless IC card. FeliCa banyak diaplikasikan ke RFID smart card atau kartu elektronik di Jepang dan sejumlah negara termasuk Indonesia via kartu MRT Jakarta. Kelebihannya pun sangat beragam.

"Kecepatan memproses yang tinggi, tingkat keamanan yang sangat tinggi (Level 6 alias level tertinggi), multifungsi, selain kartu karyawan bisa untuk e-money, serta selain kartu juga bisa diaplikasikan untuk jam pintar (smart watch)," ujar Yosuke.

Mengenal FeliCa, Teknologi Canggih di Balik Kartu Elektronik JepangMultifungsi (Randy/detikcom)

Di Jepang sendiri, sistem FeliCa telah diaplikasikan oleh sejumlah pelaku moda transportasi seperti kereta dan pesawat, serta diterima oleh sejumlah tenant yang melayani pembayaran elektronik.

Menariknya lagi, sistem FeliCa juga telah terintegrasi dengan ponsel hingga jam pintar melalui aplikasi. Jadi jika tidak bawa kartu elektronik, ponsel hingga jam pintar dengan aplikasi terkait juga bisa digunakan sebagai pengganti kartu.

"FeliCa bisa dimasukkan ke berbagai media, juga bisa dimasukkan ke gantungan kunci (di Hong Kong)," tambah Yosuke.


Implementasinya di Indonesia

Di Indonesia, sistem FeliCa pun telah diadaptasi ke kartu jelajah MRT Jakarta. Hal itu pun diungkapkan oleh Toyoaki Kobayashi selaku GM Deputi Senior Sony Jepang.

"Terima kasih ke MRT Jakarta yang sudah pakai sistem FeliCa. Kami ingin memberitahu kalau FeliCa bisa digunakan untuk kartu dan banyak hal," ujar Toyoaki.

Lewat penggunaan sistem FeliCa di kartu MRT Jakarta, waktu membaca kartu di mesin pemindai otomatis dipastikan jauh lebih cepat dari kartu e-money yang dikeluarkan bank di Indonesia. Waktunya berkisar antara 0,1 hingga 0,3 detik.

Mengenal FeliCa, Teknologi Canggih di Balik Kartu Elektronik JepangKartu Single Trip dan Multi Trip MRT Jakarta (istimewa)

Ke depannya, pihak Sony Jepang selaku pemilik teknologi FeliCa pun mengaku ingin terus memberikan dukungan untuk pengembangan teknologi IC Card di Indonesia.

"Ke depan kami akan terus memberikan support terutama general used. Ini bukan video konsep, tapi telah diaplikasikan aktual di Jepang," tutup Toyoaki.

Berkaca dari Jepang, pihak Pemerintah, Pemkot hingga pelaku transportasi dan retail tentu perlu duduk bareng untuk membahas soal integrasi teknologi via kartu elektronik. Apabila bisa satu pintu, semua tentu lebih mudah.

Simak Video " Menlu Jepang Coba MRT Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(rdy/fay)