Jumat, 29 Nov 2019 21:00 WIB

Tampilan Baru YouTube 'Belah' Netizen, Bagus atau Menyulitkan?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Tampilan baru YouTube yang lebih besar di PC, Foto: Ss YouTube Tampilan baru YouTube yang lebih besar di PC, Foto: Ss YouTube
Jakarta - YouTube meluncurkan tampilan halaman utama dengan thumbnails yang lebih besar beberapa waktu lalu khusus untuk platform PC. Ternyata sejumlah perubahan YouTube ini menuai kritikan netizen.

Pengguna akan melihat lebih sedikit video di beranda karena thumbnail yang lebih besar, begitu kata juru bicara YouTube saat dikonfirmasi The Verge. Ia menambahkan bahwa orang-orang disajikan dengan lebih banyak informasi tentang setiap video yang mereka tonton.

Mengizinkan video memiliki lebih banyak ruang pada halaman juga memberi para kreator kemampuan membuat judul yang lebih panjang. Tujuannya adalah untuk memberi lebih banyak informasi tentang video dari pandangan sekilas, daripada meminta mereka mengarahkan kursor ke video atau mengklik untuk mempelajari lebih lanjut.

Komplain tentang perubahan ini bahkan muncul sejak diluncurkan uji coba.



Salah satu satu pengguna forum ternama Reddit mengatakan bahwa ia belum menggunakan YouTube lagi semenjak perubahannya. Pengguna Reddit lain menulis bahwa jika YouTube mendengarkan keluhan orang, YouTube akan tahu seberapa banyak yang tidak menyukai tampilan barunya.

Perubahan konstan ke YouTube juga mempengaruhi pembuat konten sehingga mereka belajar cara menavigasi perubahan itu, beradaptasi untuk bertahan dan berkembang. Namun, beberapa hal tidak perlu diubah menurut sejumlah kreator konten, home beranda adalah salah satunya.

detikINET coba menanyakan salah satu kreator konten, Adhe Tora TV. Ia merasa senang dengan tampilan YouTube di PC.

"Bagus dong gue jadi bisa ngelihat informasi yang lebih banyak juga dari video yang mau gue lihat. Dari sisi gue sebagai content creator gue juga ngerasa terbantu dengan begitu orang lebih tertarik untuk klik video gue," kata Tora via saluran telepon.

Selain itu ada juga yang merasa lebih menyukai tampilan terbaru YouTube.




Kalau pembaca sendiri lebih suka tampilan baru YouTube atau yang sebelumnya?


Simak Video "Apa Perbedaan YouTube Music dengan Aplikasi Musik Lain?"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fyk)