Jumat, 29 Nov 2019 09:43 WIB

Tips Jadi Streamer Keren dari Sherlin 'BabyShark' Tsu

Virgina Maulita Putri - detikInet
Suasana konferensi pers. Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET Suasana konferensi pers. Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET
Jakarta - Siapa yang tidak kenal dengan Sherlin 'BabyShark' Tsu? Gamer dan cosplayer cantik ini juga merangkap sebagai streamer yang populer di YouTube dengan jumlah subscriber yang hampir mencapai 200 ribu.

Saat mengisi EXP Esports Academy 2019, Sherlin pun membagikan tipsnya bagi gamer yang ingin menjajal jadi streamer. Menurutnya, streamer pemula tidak perlu memusingkan peralatan yang mereka gunakan.


Sherlin pun mencontohkan temannya yang juga seorang streamer. Saat memulai, temannya itu juga tidak memiliki peralatan keren tapi ia punya solusi yang kreatif.

"Dia dari nol nggak punya equipment karena tidak disetujui orang tuanya. Jadi dia ke esport cafe buat streaming di situ pakai PC sama webcam," kata Sherlin di Menara Digitaraya, Jakarta Pusat, Kamis (28/11/2019).

Untuk streamer yang sudah mulai memiliki audiens, Sherlin menyarankan untuk mendengarkan saran dan komentar dari penonton. Menurutnya, ide unik dari penontonnya justru bisa jadi konten yang menarik dan populer di kanalnya.

Tidak hanya Sherlin, streamer Fahriza 'LoeKeren' Hersyahputra juga membagikan tipsnya. Fahriza dikenal sebagai streamer di platform Facebook Gaming.

Untuk meningkatkan exposure dan menggaet penonton baru, Fahriza menyarankan streamer di Facebook untuk bergabung di grup yang terkait dengan game yang mereka mainkan.

Selain itu, streamer juga harus tetap komunikatif dan jangan sampai menghiraukan penonton berapapun jumlahnya.


"Walau viewer lu nol atau masih sedikit, lu tetep harus komunikatif. Lu nggak komunikatif viewer yang sedikit bisa kabur," jelas Fahriza dalam kesempatan yang sama.

"Kalau lu komunikatif, lu bisa ngikat dan mempertahankan mereka. Mungkin dari 5 besoknya bisa jadi 100 atau 1.000," pungkasnya.

Simak Video "Bersaing dengan ROG Phone, Bagaimana Strategi Black Shark Rebut Hati Gamer?"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)