Ratusan Anak Ikut Olimpiade TIK Nasional Indocomtech 2019

Ratusan Anak Ikut Olimpiade TIK Nasional Indocomtech 2019

Aisyah Kamaliah - detikInet
Jumat, 01 Nov 2019 15:57 WIB
Indocomtech 2019. (Foto: Aisyah Kamaliah/detikINET)
Jakarta - Tahun ini, Indocomtech mengangkat tema 'Never Stop Exploring'. Ajang pameran produk teknologi konsumen ini juga menghadirkan Olimpiade TIK Nasional (OTN), 1-3 November 2019. Kompetisi di bidang teknologi ini akan diikuti ratusan peserta.

"Seperti yang sebelumnya, kita membawa edukasi ke dalam Indocomtech 2019. Teman-teman dari PGRI bersedia bergabung untuk Olimpiade TIK nasional," ujar Rudi Muliadi, Ketua Umum DPP Apkomindo, Rabu (30/10) silam.

Apkomindo memang kerap melakukan pendidikan dan edukasi terkait teknologi ke sekolah-sekolah. Nah kali ini, ada kegiatan baru yang dilakukan dengan pendampingan dinas pendidikan serta turut mengundang PGRI untuk olimpiade TIK. Tercatat, ada 700 peserta yang terdaftar dari tingkat SD hingga SMA/SMK bahkan para guru sendiri dalam ajang ini.



Diadakanlah berbagai lomba dari mulai mengetik cepat, web design, robotik, ICT for Math, dan banyak lainnya. Muhammad Abdul Azis (18) dari SMPIDN Boarding School misalnya, salah satu peserta yang ditemui detikINET ini, mendaftar untuk lomba mengetik cepat.

"Saya mau melatih kemampuan saya, sejauh mana sih saya memiliki kemampuan mengetik cepat tersebut. Sejauh ini rekor saya 85 kata per menit," ujarnya.

Ada pula Muhammad Septian Daffa Ubaidillah (15) yang datang untuk lomba blog bersama kelompoknya. Ubaid, panggilannya, merasa kompetisi seperti ini sangat penting.

Ratusan Anak jadi Peserta Olimpiade TIK Nasional Indocomtech 2019Foto: detikINET/Aisyah Kamaliah

Ratusan Anak jadi Peserta Olimpiade TIK Nasional Indocomtech 2019Foto: detikINET/Aisyah Kamaliah


"Penting, karena bisa mengasah kemampuan saya. Saya dapat proses pembelajarannya selain itu ada pameran teknologi yang sesuai dengan temanya," kata Ubaid.

Senada dengan pengakuan para pesera, ketua umum Ikatan Guru TIK PGRI Bambang Susetyanto mengatakan hal yang sama mengenai pentingnya penguasaan teknologi.



"Penguasaan teknologi merupakan salah satu tolok ukur kemajuan bangsa. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menjadi ajang penguatan ICT di sekolah dari tingkat dasar hingga menengah sehingga mendorong lahirnya para pemikir cerdas berbasis teknologi di Tanah Air pada masa mendatang," sebutnya.

Simak Video "Robot Seni Tari Indonesia Dipamerkan di Indocomtech"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)