Jumat, 18 Okt 2019 15:59 WIB

Anda Susah Kerja di Era 4.0? Ini Saran Ilham Habibie

Aisyah Kamaliah - detikInet
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Era industri 4.0 di mana internet dan teknologi berkuasa membuat banyak orang ketakutan kehilangan pekerjaan. Namun Ilham A. Habibie founder Orbit Habibie Festival 2019 mengaku semua bisa diatasi dengan kreativitas dan niat untuk selalu belajar.

"Ya pastinya akan ada pekerjaan yang hilang, tapi kemungkinan pekerjaan itu bergeser. Pekerjaan baru, teknologi baru. Jadi apa yang dibutuhkan? Edukasi," jelas Ilham menawarkan ide.

Ilham menuturkan semua butuh edukasi dan niat mau belajar bahkan sekalipun sudah menyandang gelar profesor sekalipun. Ia juga menyinggung soal banyak kursus gratis, yang bisa kita manfaatkan.

"Ada ketidakpastian kita tahu. Jadi kalau kerja, kita harus mau belajar," sambungnya memberi saran.



Kreativitas dan konektivitas yang dapat menjangkau orang di manapun kita, akan memberi celah untuk meningkatkan power dan memberi nilai dari usaha perkembangan diri.

"Jadi tidak hanya secara fisik, kita bisa berhubungan dengan siapa saja dari mana saja," ujarnya.

"Setiap tahun kita mau anak muda mengenal edukasi teknologi masa depan, entrepreneur, semuanya kita harus bekerja keras, berkomunikasi, berkoneksi dan berkolaborasi di negara dan dunia, semua harus berpartisipasi agar membuat dunia lebih baik untuk kita semua," tandas Ilham.


Anda Susah Kerja di Era 4.0? Ini Saran Ilham Habibie


Simak Video "d'Happening Ilham: Penerus Mimpi Habibie dan Ainun"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)