Kamis, 17 Okt 2019 13:59 WIB

Orbit Habibie Festival, Ruang Unjuk Teknologi Karya Anak Muda

Agus Tri Haryanto - detikInet
Suasana Orbit Habibie Festival 2019 (Agus Tri Haryanto/detikInet) Suasana Orbit Habibie Festival 2019 (Agus Tri Haryanto/detikInet)
FOKUS BERITA Warisan Eyang Habibie
Jakarta - Indonesia sesungguhnya memiliki talenta, namun mereka acapkali tak memiliki ruang untuk unjuk gigi. Untuk itu, Orbit Habibie Festival digelar sebagai tempat menampilkan para kreator inovasi di bidang sains dan teknologi.

"Orbit Habibie Festival adalah festival teknologi dan inovasi. Tujuannya untuk memberikan (ruang) inovasi kepada generasi muda, terutama untuk mereka bekreasi, berkarya, dan berinovasi," kata Haris Abdullah sebagai ketua panitia acara, menjelaskan festival ini di JI Expo Kemayoran, Jakarta, Kamis (17/10/2019).


Bila dilihat dari nama acaranya, memang event ini diprakarsai oleh anak dari Presiden RI ke-3 BJ Habibie, Ilham Habibie. Festival Habibie ini sendiri sudah memasuki event ke-7, di mana empat kali diselenggarakan di Jakarta dan sisanya di Solo, Batam, dan Bandung.

"Kalau dilihat, hampir 50% dari exhibitor kami adalah para makers atau pekarya kita yang mana mereka sebenarnya tidak banyak platform untuk showcase apa yang mereka ciptakan dan inovasikan. Untuk itu, memberikan kesempatan mereka tersebut di sini," tuturnya.

Ada pula booth Makerland yang mengundang para pengunjung untuk berkarya dan melihat hasilnya.

"Intinya adalah kita ingin masyarakat agar pola pikirnya berubah dari perilaku yang terlalu konsumtif tapi juga menjadi produktif. Jadi, kita ingin masyarakat kita berkarya berinovasi sampai berwirausaha," ungkap Harris.


Bertempat di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran, Jakarta, Orbit Habibie Festival digelar selama tiga hari, tepatnya pada 17-19 Oktober 2019 mulai pukul 10.00 sampai dengan 18.00 WIB.

Selain pameran, Orbit Habibie Festival menghadirkan seminar, diskusi hingga sesi pelatihan. Adapun event ini mencakup berbagai sektor mulai dari teknologi baru dari Robotika, Internet of Things, Drone, AI, Virtual Reality dan Permainan hingga industri tradisional Aerospace, Otomotif, Telekomunikasi, Manufaktur, Pertanian, Perbankan, Fintech, Hiburan dan Pendidikan.

Di Orbit Habibie Festival, pengunjung tak hanya mendapatkan ilmu, namun juga selfie di Cockpit Mockup pesawat N250, mencoba Flight Simulator pesawat R80, menjajal Virtual Reality, hingga soal kulineran. Keren banget nih, yuk kita datang ke sana!

Simak Video "Air Mata Anak BJ Habibie Lihat Cuplikan Film 'Habibie & Ainun 3'"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fay)
FOKUS BERITA Warisan Eyang Habibie