Kamis, 17 Okt 2019 06:38 WIB

Misteri Bunuh Diri Pegawai Facebook

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halaman 1 dari 2
Foto: Facebook Foto: Facebook
California - Qin Chen, pegawai Facebook, bunuh diri di kantor pusat perusahaan itu pada 19 September lalu. Apa penyebabnya disebut masih misterius sehingga keluarganya protes. Bahkan pegawai Facebook sahabat Chen malah dipecat karena ingin tahu soal kasus tersebut.

Dikutip detikINET dari CNBC, Yi Yin yang adalah software engineer Facebook mengaku dipecat karena berpartisipasi dalam aksi protes untuk meminta keadilan atas kasus Chen dan juga berbicara pada media.

"Kita membutuhkan kebenaran. Kita perlu investigasi yang adil soal apa yang sebenarnya terjadi," cetus Yin.


Yin mengaku bicara pada media karena ia mendengar rumor bahwa Chen mungkin adalah pegawai asing dengan visa H-1B dan khawatir soal masa depannya setelah mendapat nilai buruk dari bos. Chan bekerja di divisi yang penuh tekanan dan ada kabar bahwa ia juga kena bully dari sang bos.

Yin menambahkan bukan hanya dirinya pegawai Facebook yang ikut protes. Tapi kemudian ia mendapat surat peringatan dari HRD Facebook untuk tidak mendiskusikan soal kematian Chen pada pihak di luar perusahaan dengan alasan menghormati keluarga Chen.

Akhirnya, Yin dipecat dan harus mencari pekerjaan baru kalau tidak mau dipulangkan ke China mengingat dia juga pemegang visa H-1B. Facebook sendiri membantah kisah Yin.

(ke halaman selanjutnya) (fyk/fay)