Selasa, 17 Sep 2019 18:54 WIB

Ribuan Mahasiswa Mainkan Lagu Kebangsaan Pakai Angklung Virtual

Akrom Hazami - detikInet
Foto: Akrom Hazami Foto: Akrom Hazami
Kudus - Sekitar 2.670 orang mahasiswa Universitas Muria Kudus (UMK) serentak memainkan musik tradisional angklung secara virtual, yakni dengan memanfaatkan aplikasi mobile dari ponsel pintar masing-masing.

Mereka berkumpul di gedung auditorium kampus UMK, di Jalan Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Selasa (17/9/2019). Para mahasiswa itu memainkan musik angklung virtual mengiringi lagu kebangsaan.


Adapun lagu yang mereka iringi, yaitu Indonesia Pusaka, dan Bagimu Negeri. Pantauan di lokasi, ribuan mahasiswa duduk lesehan, baik di lantai 1 atau 2.

Mereka membawa ponselnya masing-masing. Aplikasi yang digunakan dalam pertunjukan ini ada 5 macam yaitu iAngklung, Kolintang, Serune, Saron, dan Gangsa. Kelimanya merupakan aplikasi musik untuk perangkat Android yang bisa diunduh di Google Play Store.

Sebelumnya, masing-masing peserta diberikan arahan apa dan kapan giliran mereka memainkan nada. Dengan ponselnya, mereka pun memainkan nada sesuai arahan pemandu sebelum mulai. Mulai dari tangga nada do, re, mi, dan seterusnya. Setelah semuanya paham, barulah iringan musik mereka mainkan.

Ribuan Mahasiswa Serentak Iringi Lagu Kebangsaan Lewat Aplikasi Foto: Akrom Hazami


Begitu musik virtual mereka mainkan, suasana mendayu dan kompak terdengar. Gemuruh musik terdengar membahana di seluruh gedung. Para peserta dengan apik membawakan musik virtual.

Ditambah lagi saat mereka menyalakan lampu ponselnya di tengah lagu, suasana seketika menjadi gemerlap dan syahdu. "Nyalakan lampu di ponsel masing-masing. Angkat ponselnya semua," kata seseorang yang berdiri di muka panggung.

Rektor UMK Suparnyo, berharap kegiatan ini akan diikuti oleh kreativitas dan inovasi mahasiswa lainnya. "Ini merupakan bentuk kreativitas mahasiswa. Bentuk kreatif dan inovatif ini kami dukung," kata Suparnyo.

"Kami mendorong kreativitas baru atau mengembangkan yang sudah ada. Sudah ada unit kreatif. Ini (mahasiswa bermain musik virtual) tidak ada latihan," tambah dia.

Aksi itu juga mendapatkan apresiasi dari Lembaga Prestasi Indonesia-Dunia (Leprid) sebagai bentuk pemecahan rekor. Ketua Umum Leprid Paulus Pangka mengatakan, pihaknya mengapresiasi para mahasiswa bermain musik virtual.

Ribuan Mahasiswa Serentak Iringi Lagu Kebangsaan Lewat Aplikasi Foto: Akrom Hazami

"Hari ini kami hadir di Kabupaten Kudus. Tepatnya di Universitas Muria Kudus, yang mana anak-anak dididik biar kreatif. Mereka mengusulkan suatu rekor mengiringi lagu wajib nasional dengan virtual musik tradisional. Yang diikuti peserta banyak," kata Pangka.


"Awalnya saya tidak percaya jika akan ada mahasiswa dalam jumlah banyak yang bermain virtual musik. Mereka melakukan dengan baik. Dan ini memecahkan rekor terbaru di Indonesia," tutupnya.

Simak Video "Bupati Tegal Diteror, Mobil Dinasnya Dibakar Pria Misterius"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)