Kamis, 12 Sep 2019 10:29 WIB

Netizen Kian Semangat Wujudkan Pesawat R80 Impian BJ Habibie

Josina - detikInet
Pesawat R80. (Foto: Dok. Regio Aviasi Industri) Pesawat R80. (Foto: Dok. Regio Aviasi Industri)
Jakarta - Dua tahun lalu, tepatnya tahun 2017, masyarakat Indonesia mulai berdonasi dalam bantu mewujudkan pesawat buatan bangsa, yakni pesawat jenis turbo prop R80, impian Presiden RI ke-3 BJ Habibie.

Hingga saat ini proyek pesawat R80 masih menunggu pendanaan dari investor. Kala itu pesawat yang dikembangkan oleh PT Regio Aviasi Industri (RAI) melakukan penggalangan dana melalui platform crowdfunding kitabisa.com.




Pada saat itu RAI menargetkan terkumpul dana Rp 5 miliar dari crowdfunding di Kitabisa. Di tengah nuansa duka atas meninggalnya BJ Habibie, Rabu, (11/9/2019), campaign tersebut kembali ramai. Masyarakat Indonesia seakan tak rela mimpi sang bapak teknologi ikut terkubur.

Dipantau detikINET, Kamis (12/9), dana yang terkumpul sudah mencapai Rp 9.262.172.897. Rasa antusiasme dan kebanggaan kembali membara, terlihat dari berbagai komentar semangat dan harapan dari para donatur yang terpampang di laman tersebut.

Dana yang disumbangkan donatur pun bermacam-macam mulai dari Rp 20.000 hingga Rp 500 juta. Doa serta harapan terus mengalir untuk dapat mewujudkan



"Untukmu habibie....jayalah dirgantara indonesia"

"Semoga Allah SWT berikan kemudahan dan kelancaran tim dan smua yang terlibat dalam peluncuran perdana R80..Aamiin"

"Semoga cita-cita pak Habibie tercapai! Sungguh sosok Indonesian yang inspiratif"

"Insya Allah, industri dirgantara Indonesia akan berkembang. Aamiin"

"semoga indonesia bisa terus membuat dan memproduksi sendiri pesawat terbaik nya"

"Selamat jalan Bpk. B.J Habibie.. Semoga keinginan Bpk cepat terwujud untuk menerbangkan pesawat R80 bersama Rakyat Indonesia.."

"Semoga cepat terwujud Cita2 Bapak Teknologi Indonesia dan seluruh anak bangsa"

"Walaupun eyang sudah tiada tetapi saya ingin mewujudkan mimpinya meski hanya sedikit membantu tetapi saya yakin eyang bangga akan hal ini"

""Masa lalu saya adalah milik saya, masa lalu kamu adalah milik kamu, tapi masa depan adalah milik kita." -Eyang Habibie-"

"Semoga bisa terwujud dan jika sudah terwujud saya bisa naik pesawat r80. amin."

"Semoga menjadi amal jariyah untuk kemajuan indonesia'

"Bismillah semoga dapat membantu walau cuma bisa sedikit hasil dri main game"


Dilansir dari berbagai sumber, pesawat R80 merupakan rancangan BJ Habibie untuk penerbangan jarak pendek hingga menengah yang mampu mengangkut 80-90 penumpang dengan dimensi panjang 32,3 meter dengan lebar sayap 30,5 meter dan tinggi 8,5 meter.

Pesawat ini juga dapat melesat dengan kecepatan maksimal 330 knots atau sekitar 611 Km per jam. Pesawat buatan PT Regio Aviasi Industri (RAI) ini berdasarkan baseline master plan R80, prototype R80 akan diuji-terbangkan pada tahun 2022.




Setelah melewati proses sertifikasi, R80 rencananya akan diproduksi secara massal pada 2025. Dukungan publik sangat dibutuhkan, sehingga baseline master plan pengembangan R80 dapat berjalan sesuai rencana. Dijelaskan RAI, pesawat R80 murni buatan Indonesia yang diarsiteki BJ Habibie, disponsori oleh RAI, dan dikerjakan oleh PT Dirgantara Indonesia (PTDI).

RAI sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perancangan, pengembangan, dan manufaktur pesawat terbang yang didirikan oleh BJ Habibie bersama putra sulungnya Ilham Akbar Habibie. RAI khusus mengembangkan pesawat udara R80, untuk menjawab kebutuhan angkutan udara regional di Indonesia dan pasar internasional.

Bagi kamu yang ingin menjadi donatur dapat mengakses Kitabisa.com/pesawatR80. Keterlibatan publik dalam crowdfunding selain untuk membantu kegiatan preliminary design Pesawat R80, juga merupakan bentuk kampanye agar masyarakat luas mengetahui upaya pembangunan industri dirgantara nasional buatan anak bangsa ini.


Netizen Kian Semangat Wujudkan Pesawat R80 Impian BJ Habibie


Simak Video "Habibie akan Terus Hidup di Layar Lebar"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com