Selasa, 10 Sep 2019 11:23 WIB

Jack Ma Resmi Pensiun dari Alibaba

Fino Yurio Kristo - detikInet
1 Jack Ma Resmi Pensiun dari Alibaba
Halaman 2 dari 2
Jack Ma. Foto: Reuters Jack Ma. Foto: Reuters
FOKUS BERITA Jack Ma Resmi Pensiun

Ma masih pula memegang 6,22% saham Alibaba dan kekayaannya tembus USD 40 miliar. Namun sebagai mantan guru dan ingin kembali berkiprah di bidang pendidikan, ia ingin talenta muda bisa menonjol di Alibaba sepeninggal dirinya.

"Guru selalu ingin siswanya melebihi mereka, jadi tanggungjawab saya dan perusahaan adalah mempersilakan orang yang lebih muda dan lebih berbakat mengambil peran pemimpin," kata Ma.

Jack Ma pun meninggalkan Alibaba dengan kepala tegak. November silam, ia termasuk dalam 100 orang yang mendapat penghargaan dari pemerintah China karena memberikan kontribusi besar dalam transformasi ekonomi negara itu.

Sempat ada rumor Ma dipaksa keluar oleh pemerintah China yang langsung dibantahnya tegas. "Saya mendengar rumor dari luar China bahwa pemerintah ingin menurunkan saya. Tidak ada yang bisa melakukan itu jika seseorang tak ingin turun. Ini bukan tentang politik atau pemerintahan," tandasnya.

Ma berhasil memenuhi niatnya yang ingin pensiun dalam usia lebih muda dari Bill Gates. Gates pensiun dari Microsoft pada umur 58 tahun pada 2014.

"Dia ingin menjamin legasinya. Dia tidak meninggalkan perusahaan secara penuh. Ini adalah cara yang pintar untuk pergi dalam kondisi jaya," cetus Clark.

(fyk/krs)
FOKUS BERITA Jack Ma Resmi Pensiun

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com