Senin, 09 Sep 2019 18:01 WIB

Facebook Indonesia Punya Bos Baru, Begini Sepak Terjangnya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Peter Lydian jadi Bos Facebook Indonesia. Foto: Facebook Peter Lydian jadi Bos Facebook Indonesia. Foto: Facebook
Jakarta - Facebook baru saja mengumumkan Peter Lydian sebagai bos baru Facebook Indonesia. Begini sekilas rekam jejaknya sebelum ini.

Sebelum ditunjuk jadi Country Director Facebook Indonesia, Peter memiliki pengalaman lebih dari 25 tahun khususnya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Dari sisi pendidikannya, Peter meraih ijazah S1 dari STMIK Bina Nusantara Jakarta (1997), kemudian melanjutkan pendidikan non-formal (bersertifikat) di beberapa lembaga pendidikan yakni Universitas Bina Nusantara (Indonesia), University of Pennsylvania (USA), London Business School (UK), dan INSEAD (Singapore).




Peter mengawali karier profesionalnya dimulai sebagai Programmer & System Support di Catur Sentosa Adi Prana (1992-1993) kemudian menjadi System Engineer di perusahaan yang sama (1993-1996). Seperti informasi yang dilihat dari LinkedIn, Peter melanjutkan sebagai bagian dari Berca, sebuah perusahaan penyelenggara jasa layanan internet di Indonesia dengan merek dagang Hinet. Tercatat, 10 tahun Peter bekerja di Berca dengan posisi terakhirnya sebagai General Manager.

Setelah itu, Peter berperan sebagai Sr. Client Business Development Manager selama dua tahun di Dell untuk pasar Indonesia, Filipina, Vietnam, dan Pakistan. Tugas di perusahaan multinasional dilanjutkan sebagai Business Development Director - Indonesia selama satu tahun dan empat tahun empat bulan menjadi Director and Country Manager dan Managing Director Dell Indonesia.




Karier pria bernama Peter Lydian Sutiono ini memasuki babak baru di Microsoft. Selama lima tahun kerja di perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen itu, Peter menduduki jabatan SMS&P Director - Indonesia subsidary sampai Director - Public sector - Indonesia subsidary.

Era berkembangnya startup digital seakan jadi tantangan bagi Peter. Pria kelahiran 1973 itu bergabung dengan Finmas, sebuah startup finansial pinjam-meminjam (fintech lending) sebagai Direktur Utama sejak Juli 2018 sampai akhirnya ia bergabung dengan Facebook mengisi kekosongan kursi yang ditinggalkan Sri Widowati sejak akhir Maret lalu.




Sebagai bos Facebook Indonesia, Peter ditugasi Facebook memimpin kegiatan bisnis di Indonesia, termasuk memberikan masukan dan dukungan bagi brand lokal maupun global serta agency di Indonesia untuk mencapai target pertumbuhannya. Ruang lingkupnya tak hanya Facebook, tapi juga Instagram dan WhatsApp.

Dalam menjalani perannya, Peter juga fokus untuk mendorong nilai serta dukungan yang lebih besar untuk bisnis internasional maupun di Indonesia dalam berbagai industri seperti e-Commerce, consumer goods atau produk konsumen, layanan finansial dan teknologi atau telekomunikasi. Selain itu, Peter juga akan bekerja dengan seluruh tim di Facebook untuk membantu orang-orang di Indonesia membangun interaksi yang berarti dan menciptakan literasi digital yang lebih kuat di tanah air.



Simak Video "Bos Facebook Indonesia Hengkang, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com