Rabu, 24 Jul 2019 17:33 WIB

Kominfo Suspend Tiga Konten di Akun YouTube Kimi Hime

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kominfo Suspend Tiga Konten di Akun YouTube Kimi Hime. (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)
Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) sudah melakukan suspend terhadap tiga konten di akun YouTube Kimi Hime. Ada pula pembatasan umur buat enam konten video lainnya.

Plt Kepala Biro Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu menuturkan, pada awalnya pemerintah tidak melihat adanya pelanggaran terhadap unsur pornografi setelah menerima laporan konten Kimi Hime yang dianggap vulgar. Tetapi ketika Kominfo melakukan profiling lewat tim Ais ditemukan beberapa konten yang dinilai bermuatan unsur dewasa.




"Berdasarkan profiling utuh dari keseluruhan konten (Kimi Hime) oleh tim Ais Kominfo, kami temukan tiga konten YouTube itu suspend," ujar Ferdinandus dalam konferensi pers di Gedung Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (24/7/2019).

"Kami juga sudah menghubungi pihak Google yang punya YouTube dan Google sudah melakukan suspend terhadap tiga konten YouTube Kimi Hime atas permintaan Kominfo," ucapnya.

Kominfo Suspend Tiga Konten di Akun YouTube Kimi HimeFoto: Instagram @kimi.hime

Selain itu, Kominfo juga sudah melakukan permintaan kepada Google agar memberikan pembatasan umur terhadap enam video Kimi Hime. Menurut Kominfo, itu dilakukan agar tidak sembarang umur dapat mengakses konten YouTuber yang bernama asli Kimberly Khoe itu.



Kominfo Suspend Tiga Konten di Akun YouTube Kimi HimeDaftar konten YouTube Kimi Hime yang disoal Kominfo. (Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET)


"Konten YouTube seharusnya melakukan pembatasan umur, jika memang konten itu harusnya ditonton berusia dewasa atau 18 tahun ke atas. Oleh Kimi Hime, hampir seluruh kontennya dibiarkan terbuka, tidak ada batasan umurnya. Ada enam konten yang kami minta ke Google untuk dibatasi umurnya," ungkap Ferdinandus.

Pria yang akrab disapa Nando ini mengatakan pihaknya sudah menghubungi Kimi Hime, baik melalui surat elektronik (email) sampai direct message (DM) di Instagram. Namun, Kominfo belum dapat respons dari YouTuber yang ngetop di ranah game tersebut.




"Tidak ada tanggapan untuk memberikan perhatian serius terhadap kontennya atau permintaan Kominfo untuk men-take down konten-konten yang kami minta atau setidaknya bisa bekerjasama. Itu tidak ada tanggapan sama sekali," ucapnya.

"Itu mengapa siang tadi kami sudah suspend tiga konten dari akun Kimi Hime dan membatasi umur untuk enam konten," pungkas Nando.







Simak Video "Fantastis! YouTuber Kimi Hime Raup Penghasilan Ratusan Juta Rupiah"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/krs)