Jumat, 24 Mei 2019 13:44 WIB

Zuckerberg: Facebook Dipecah Takkan Selesaikan Masalah

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Facebook belakangan dapat banyak kritik. Baik politisi Amerika Serikat maupun co-founder Facebook Chris Hughes telah meminta regulator mengatur Facebook dan mengusulkan perusahaan media sosial tersebut untuk melepepaskan WhatsApp dan Instagram.

Kritikan itu sendiri datang karena Facebook, termasuk di dalamnya Instagram dan WhatsApp, dinilai punya pengaruh yang kelewat besar di masyarakat. Ada usulan agar Facebook dipecah.




Menanggapinya, CEO Facebook Mark Zuckerberg menyebut tindakan itu malah menyulitkan menyaring konten berbahaya seperti ujaran kebencian dan hoax.

"Saya merasa bahwa solusi untuk memecah perusahaan tidak akan menyelesaikan (masalah) itu, saya rasa itu akan membuatnya jauh lebih sulit," kata Zuckerberg seperti dikutip detikINET dari CNET, Jumat (24/5/2019).




Zuck tidak menjelaskan lebih lanjut mengapa usulan ini tidak akan membantu Facebook menyelesaikan masalahnya. Tapi beberapa waktu yang lalu juru bicara Facebook mengatakan jika WhatsApp dan Instagram berada di bawah Facebook akan memudahkan mereka untuk memoderasi konten.

Hal ini dikarenakan ketika Facebook menghapus konten berbahaya di platform-nya, mereka bisa menggunakan kecerdasan buatan untuk mencari konten serupa jika muncul di WhatsApp dan Instagram.




Zuck juga mengatakan hukum anti-kompetisi tidak berlaku untuk perusahaannya karena Facebook memiliki banyak kompetisi di industri seperti Snapchat, Twitter dan TikTok.

"Rata-rata orang di sini saya pikir menggunakan tujuh atau delapan layanan untuk berkomunikasi dalam konteks yang berbeda," kata Zuck.

"Jadi saya pikir tidak perlu dikatakan bahwa kita hidup di lingkungan yang sangat kompetitif dan dinamis di mana layanan-layanan ini terus bermunculan," pungkasnya.




Mark Zuckerberg Disarankan Mundur dari CEO Facebook:

[Gambas:Video 20detik]

(vim/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed